• Rabu, 10 Agustus 2022

Kemenperin Beri Keringanan IKM Beli Mesin Baru

- Kamis, 13 Januari 2022 | 22:45 WIB
Karyawan Tengah memproduksi dengan mengunakan mesin. (Foto : Kemenperin)
Karyawan Tengah memproduksi dengan mengunakan mesin. (Foto : Kemenperin)

infosumsel.ID - Kementerian Perindustrian memfasilitasi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dengan menawarkan pengurangan pembiayaan sebesar 40 persen untuk pembelian mesin dan peralatan bagi yang ingin meremajakan mesin atau peralatan produksinya.

“Kami berharap para pelaku IKM di tanah air dapat terus meningkatkan teknologi, efisiensi, dan produktivitas dengan memiliki mesin dan peralatan baru, sehingga mampu bersaing dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka. (IKMA). ) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita di Jakarta, Rabu (12/1).

Dikatakannya, program ini berupa fasilitas penggantian biaya pembelian atau peralatan baru dengan nilai penggantian minimal Rp. 10 juta untuk mesin dan maksimal Rp. 500 juta.

“Persentase diskonnya 25 persen dari harga beli mesin dan peralatan luar negeri, dan 40 persen dari harga beli mesin dan peralatan buatan dalam negeri,” jelasnya.

Pelaku IKM yang berhak atas fasilitas ini adalah mereka yang memiliki tenaga kerja maksimal 19 orang dengan nilai investasi kurang dari Rp 1 miliar (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha). Selain itu, industri menengah tertentu dengan jumlah tenaga kerja minimal 19 orang dan nilai investasi minimal Rp 1 miliar, atau tenaga kerja minimal 20-99 orang dengan investasi maksimal Rp 15 miliar.

“IKM bisa berbentuk badan hukum atau perorangan, yang terpenting memiliki izin usaha di bidang industri yang sesuai dengan KBLI bidang usaha tersebut,” kata Reni. Adapun peralatan mesin yang dapat diganti yaitu yang dibuat atau diproduksi selambat-lambatnya tiga tahun sebelum tahun penyerahan, mesin yang tidak digunakan atau direkondisi atau direkayasa, dan peralatan mesin harus dipasang di lokasi produksi IKM.

Pada tahun 2021, Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian telah memberikan fasilitas restrukturisasi mesin dan peralatan dengan total diskon Rp. 12,1 miliar. Nilai investasi yang dilakukan IKM yang menerima fasilitas tersebut mencapai Rp. 77,7 miliar.

“Bantuan bantuan pembiayaan pembelian peralatan mesin dikelola oleh Direktorat IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan (PFBB), Direktorat Aneka Industri dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan (IA IKM KSK), dan Direktorat Logam , Mesin, Elektronika dan Alat Angkut IKM. (LMEAA)," kata Reni

Editor: Beni Martha Daya

Terkini

X