• Senin, 27 Juni 2022

Kemenperin Targetkan Belanja Produk Lokal Sebesar 80 Persen Untuk Dukung Gernas BBI

- Selasa, 22 Maret 2022 | 14:15 WIB
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat melepas ekspor baja struktur (kemenperin.go.id)
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat melepas ekspor baja struktur (kemenperin.go.id)

infosumsel.ID - Mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan belanja produk lokal atau UMKM sebesar 80 persen.

Adapun target dari Kemenperin mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) untuk belanja produk lokal atau UMKM pada tahun 2022 sebesar Rp400 triliun untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Kami harapkan komitmen yang sama dari pengguna wajib produk dalam negeri lainnya untuk menetapkan target capaian belanja produk lokal atau UMKM untuk mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI),” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2022 di Nusa Dua Bali, Selasa (22/3/2022) dikutip dari Kemenperin.go.id.

Baca Juga: Kemenperin Open Recruitmen Diklat Animasi di Yogyakarta, Cimahi dan Jakarta, Berikut Link dan Jadwalnya

Dikatakan Menperin, Anggara pemerintah pusat khusus belanja produk lokal atau UMKM melalui APBN tahun 2022 sebesar Rp538,9 triliun dimana anggaran tersebut dapat digunakan untuk belanja produk lokal atau UMKM yang belum termasuk belanja pemerintah daerah.

“Jika ditambahkan dengan potensi belanja barang dan belanja modal pemerintah daerah melalui APBD tahun 2022 sebesar Rp532,5 triliun, maka total potensi belanja barang dan belanja modal saja mencapai Rp1.071,4 triliun,” ungkapnya.

Baca Juga: Bingung Cara Pembayaran Biaya UTBK SBMPTN di Bank BTN, Ini Langkah-langkahnya...

Menurutnya potensi belanja produk lokal atau UMKM akan menjadi lebih besar lagi jika ditambahkan dengan belanjar BUMN.

“Apabila potensi yang sangat besar ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh industri dalam negeri, ada multiplier effect yang manfaatnya akan sangat terasa bagi kemajuan industri dan ekonomi di dalam negeri khususnya bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM),” tutur Agus.

Baca Juga: Polda Sumsel Amankan BBM Oplosan sebanyak 108 Ton di Kabupaten MuaraEnim

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Sumber: kemenperin.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR RI Dorong Pembangunan Kawasan Industri

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:27 WIB
X