• Senin, 27 Juni 2022

Serap Belanja Produk Lokal, Kemenperin Andalkan Strategi Business Matching

- Selasa, 22 Maret 2022 | 14:55 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat Business Matching belanja produk lokal  (kemenperin.go.id)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat Business Matching belanja produk lokal (kemenperin.go.id)

infosumsel.ID - Meningkatkan belanja produk lokal atau UMKM dalam mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Kementerian Perindustrian siapkan strategi Business Matching belanja produk lokal.

Strategi Business Matching yang dilakukan Kemenperin ini untuk mengoptimalkan produk P3DN dimana kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan belanja produk lokal dan penggunaan produk dalam negeri oleh instansi pemerintah.

Sedangkan bagi pelaku Industri, UMKM, dan IKM dalam Business Matching ini mendapatkan jaminan pasar sehingga dapat mempersiapkan produksinya agar dapat memenuhi kebutuhan pasar pemerintah.

Baca Juga: Kemenperin Targetkan Belanja Produk Lokal Sebesar 80 Persen Untuk Dukung Gernas BBI

Dalam Business Matching terbagi menjadi tiga tahap yakni tahap pra Business Matching dengan melakukan interkoneksi data melalui aplikasi milik pemerintah seperti SIPD milik Kementerian Dalam Negeri, SAKTI milik Kementerian Keuangan, dan SIRUP milik LKPP yang akan terkoneksi dengan Sistem Informasi P3DN (SIP3DN) milik Kementerian Perindustrian.

Tahap berikutnya, pelaksanaan Business Matching, dan dilanjutkan pada tahap pasca Business Matching berupa Business Matching lanjutan dalam bentuk fisik atau virtual, serta pengawasan dan pengendalian.

Baca Juga: Alhamdulillah! Tidak Ada Lagi PPKM Level 4 di Daerah

Business Matching virtual dapat diakses melalui portal yang kami siapkan, yaitu melalui dashboard milik Kemenperin, di mana dalam dashboard tersebut berisi informasi potensi pembelian, jumlah paket, dan jumlah produsen produk dalam negeri,” jelasnya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2022 di Nusa Dua Bali, Selasa (22/3/2022) dikutip dari Kemenperin.go.id.

Dirinya berharap adanya kegiatan Business Matching dapat menjadi jembatan antara instansi pemerintah dan BUMN sebagai pengguna produk dalam negeri dalam memenuhi kebutuhan belanja produk lokal atau UMKM

Baca Juga: 5 Keutamaan Bulan Puasa Ramadhan, Lengkap Dengan Firman Allah SWT dan Sabda Rasullah SAW  

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Sumber: kemenperin.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR RI Dorong Pembangunan Kawasan Industri

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:27 WIB
X