• Sabtu, 13 Agustus 2022

Ekonom : Gak perlu Keluarkan Larangan Eskpor Minyak Goreng, Cukup Kebijakan DMO CPO 20 Persen

- Sabtu, 23 April 2022 | 19:59 WIB
Ekonom menilai pemerintah tak perlu keluarkan kebijakan larangan eskpor minyak goreng cukup kebijakan DMO CPO 20 persen  (instagram @asian.agri)
Ekonom menilai pemerintah tak perlu keluarkan kebijakan larangan eskpor minyak goreng cukup kebijakan DMO CPO 20 persen (instagram @asian.agri)

infosumsel.ID - Larangan ekspor minyak goreng oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai 28 April 2022 dinilai Bhima Yudhistira Adhinegara akan mengulang kesalahan stop eskpor mendadak komoditas batu bara pada Januari 2022 lalu.

"cara adanya larangan ekspor minyak goreng harus dihentikan, karena apakah adanya larangan ini masalah selesai? kan tidak justru diprotes oleh calon pembeli di luar negeri, "ujarnya.

Dirinya menilai pemerintah tidak harus mengeluarkan kebijakan larangan ekspor minyak goreng cukup mengembalikan kebijakan DMO CPO 20 persen dari total produksi.

Baca Juga: Mulai 28 April 2022, Presiden Jokowi Larang Ekspor Minyak Goreng

"Kemarin saat ada DMO kan isu nya soal kepatuhan produsen yang berakibat pada skandal gratifikasi. Pasokan 20 persen dari total ekspor CPO untuk kebutuhan minyak goreng lebih dari cukup," terangnya.

lanjutnya, masalah selama ini ada pada sisi produsen dan distributor yang pengawasannya lemah.

"Apakah harga akan turun? Belum tentu harga akan otomatis turun kalau tidak dibarengi dengan kebijakan HET di minyak goreng kemasan," beber dia.

Baca Juga: Polda Sumsel Siapkan 3.578 Personil Gabungan Untuk Pengamanan Mudik 2022, Ter Khusus Daerah Rawan

Ia menilai malah negara lain produsen minyak sawit lain lah yang diuntungkan dari kebijakan tersebut, misalnya Malaysia. Ia proyeksi harga CPO naik hingga 90 persen, melanjutkan kenaikan sejak tahun lalu.

Sementara RI, kata dia, malah bakal rugi karena kehilangan devisa ekspor. Ia memprediksi Indonesia bisa kehilangan US$3 miliar devisa negara atau Rp43 triliun lebih (Kurs Rp14.436 per dolar AS).

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR RI Dorong Pembangunan Kawasan Industri

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:27 WIB
X