• Selasa, 24 Mei 2022

Cara KemenkopUKM Capai Target Sejuta Pelaku UMKM Baru Hingga 2024

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 07:47 WIB
KemenkopUKM siapkan strategi untuk menambahan sejuta pelaku UMKM (kemenkopUKM)
KemenkopUKM siapkan strategi untuk menambahan sejuta pelaku UMKM (kemenkopUKM)

infosumsel.ID -Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) targetkan penambahan sejuta pelaku UMKM Baru hingga 2024.

Dalam mencapai target sejuta pelaku UMKM ini, KemenkopUKM telah menyiapkan beberapa strategi dengan rincian 600.000 wirausaha baru menjadi target kewenangan daerah, sementara sisanya sebesar 400.000 diberikan kewenangannya kepada 27 Kementerian/Lembaga (K/L).

Untuk itu digelar koordinasi pertama terkait Perpres kewirausahaan yang melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga dalam sebuah wadah bernama Komite Pengembangan Kewirausahaan Nasional.

Baca Juga: Pemkab Muba Minta ICSB Terus Dukung Kemajuan UMKM

Tercatat Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ditugaskan sebagai Ketua Utama, dengan Wakil Ketua Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Ketua II Menparekraf Sandiaga Uno, dan Wakil Ketua III Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Target kami sangat terukur. Pertama dari rapat koordinasi ini kami ingin menaikkan jumlah wirausaha baik dari yang sudah ada atau baru. Total kami ingin menambah 1.000.000 wirausaha. Daerah sekitar 600.000 di bawah kementerian/lembaga 400.000 wirausaha,” kata Menteri Teten dikutip dari KemenkopUKM, Sabtu (15/5/2022).

Baca Juga: Rakit Motor Listrik Pertama di Lahat

Hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Kewirausahaan KemenKopUKM Siti Azizah, Staf Ahli Menteri bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, Dirjen Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo, dan Deputi bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Henky Hotma Parlindungan Manurung.

Selain itu, Komite Pengembangan Kewirausahaan Nasional juga memiliki target untuk menaikkan Global Enterpreneurship Index (GEI), dimana Indonesia menempati urutan ke 75 dari 137 negara dengan skor 26. “Kami ingin mendorong Indonesia naik ke urutan 60. Ini bagian dari upaya pemerintah menyiapkan Indonesia menjadi negara maju,” kata Menteri Teten.

Baca Juga: Hardiknas 2022 Walikota Pagaralam Sampaikan Pidato Nadim Anwar Makarim Simak Isinya

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR RI Dorong Pembangunan Kawasan Industri

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:27 WIB
X