• Rabu, 29 Juni 2022

MenkopUKM Peringatkan 8 Koperasi Untuk Taat Putusan PKPU

- Minggu, 22 Mei 2022 | 09:30 WIB
MenkopUKM Teten Masduki meminta delapan Koperasi untuk taat putusan PKPU (Foto: Humas KemenkopUKM)
MenkopUKM Teten Masduki meminta delapan Koperasi untuk taat putusan PKPU (Foto: Humas KemenkopUKM)

infosumsel.ID - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki meminta koperasi-koperasi bermasalah, yang dalam pengawasan Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah, untuk menjalankan putusan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) secara serius.

Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah sedang menyelesaikan 8 koperasi bermasalah, yang sedang dalam proses homologasi/perjanjian perdamaian pasca PKPU.

Baca Juga: Cara KemenkopUKM Capai Target Sejuta Pelaku UMKM Baru Hingga 2024

Delapan koperasi tersebut yaitu KSPSB, KSP Indosurya, KSP Pracico Inti Sejahtera, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Pracico Inti Utama, KSP Intidana, Koperasi Jasa Wahana Berkah Sentosa, KSP Lima Garuda, dan KSP Timur Pratama Indonesia.

Menkop sempat bertemu dengan beberapa anggota Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama (KSPSB) yang menyampaikan kekecewaan mereka, lantaran pengurus KSPSB belum memenuhi putusan PKPU.

Baca Juga: Ini Jadwal Pencairan Gaji ke 13 PNS dan Pensiunan Sesuai Aturan yang Ditandatangani Jokowi

"Saya sampaikan kepada mereka memang Pengurus KSPSB sudah tidak memiliki niat baik untuk menjalankan Putusan PKPU. Bahkan ada indikasi mau mengalihkan kepihak ketiga. Saya juga sampaikan permohonan maaf karena KemenkopUKM memiliki kewenangan terbatas untuk menangani kasus koperasi bermasalah ini," ucap Menteri Teten, Jumat (20/5/2022).

MenkopUKM menganjurkan kepada mereka, agar mengusulkan digelarnya RAT (Rapat Anggota Tahunan) Luar Biasa, untuk mengangkat manajemen baru dan mengambil alih aset-aset koperasi yang dikuasai oleh pengurus lama, untuk memenuhi kewajiban koperasi kepada anggota.

Baca Juga: Nokia Dragon Segera Diluncurkan, Harga 2 Juta Spesifikasi Super Dewa

Diakui Menteri Teten, saat ini putusan MA terkait PKPU tidak menunjuk manajemen baru terhadap KSP bermasalah, yang justru diserahkan ke pengurus lama yang sudah gagal.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Sumber: kemenkopukm.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Mobil SUV Terbaik yang Dipasarkan di Indonesia

Kamis, 23 Juni 2022 | 06:30 WIB
X