• Kamis, 11 Agustus 2022

Lezatnya Shawarma Sudan, Kuliner Khas Timur Tengah

- Minggu, 13 Juni 2021 | 09:42 WIB
Kuliner khas Timur Tengah Shawarma Sudan. (Foto: ist)
Kuliner khas Timur Tengah Shawarma Sudan. (Foto: ist)

infosumsel.ID | Palembang -Tidak butuh lama untuk membuat lidah wong Palembang beradaptasi dengan kuliner khas Timur Tengah. Terbukti, Shawarma mampu memikat pecinta jajanan dengan rasanya yang unik dan khas.

Shawarma sendiri merupakan makanan khas timur tengah yang terdiri dari potongan daging empuk lalu dimasak menggunakan as besi besar dan di panggang menggunakan arang. Sempat dikira kebab dari Turki, namun Shawarma Sudah memikat lidah penikmatnya dengan bumbu asli dari Timur Tengah.

Isi shawarma Sudan sendiri terdiri mulai dari kentang goreng, mentimun, tomat dan selada. Kemudian dibungkus di dalam kulit tortilla.

Perbedaan shawarma dengan kebab yakni kebab di Indonesia menggunakan daging merah yang sudah diolah, sedangkan shawarma adalah potongan daging ayam tanpa tulang yang diracik dengan bumbu dan rempah khas timur tengah.

Sementara dari kebiasaan banyak pedagang kebab ataupun shawarma di timur tengah ataupun Indonesia memanggang daging secara berdiri atau tegak, sedangkan shawarma Sudan memiliki keunikan dengan cara memanggang yang berbeda dengan cara digulingkan di atas arang.

Warga Palembang dapat menikmati kuliner unik ini melalui Indra Pratama, LC M.Ag, yang mana selaku Owner dari kedai Shawarma Sudan dan merupakan alumni universitas internasional of Africa di Sudan.

"Saya menetap di Khortum, ibu kota Sudan kurang lebih 5 tahun 1 tahun pertama untuk belajar bahasa dan menyelesaikan studi selama 4 tahun. Selama di Sudan itulah saya sudah mulai berbisnis mulai dari kacang yang menjadi makanan kesukaan penduduk Sudan, donat, gum Arabic, buah zuriat sampai ke hati onta kering yang diimpor ke Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, Shawarma sendiri merupakan makanan yang hampir setiap hari dinikmati dirinya dan keluarga selama di Sudan.

"Karena tempat tinggal kami berdekatan dengan bait Syami (rumah orang Syam), dan disana menjual banyak makanan Sudan di antara menu favorit kami adalah Shawarma," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Usman Rizal

Terkini

X