• Sabtu, 13 Agustus 2022

Mengenal Sosok Chitala, Maskot FORNAS VI 2021

- Minggu, 19 September 2021 | 15:45 WIB
FORNAS VI memiliki maskot yang keren diberi nama Chitala. Lantas seperti apa karakter maskot FORNAS VI ini..(foto : Diskominfo)
FORNAS VI memiliki maskot yang keren diberi nama Chitala. Lantas seperti apa karakter maskot FORNAS VI ini..(foto : Diskominfo)

infosumsel.ID I Palembang - Provinsi Sumatera Selatan resmi menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021.

FORNAS VI memiliki maskot yang keren diberi nama Chitala. Lantas seperti apa karakter maskot FORNAS VI ini. Berikut ulasannya.

FORNAS adalah Festival Olah Raga Rekreasi Nasional yang semula dijadwalkan pada Tahun 2021, Namun karena Pandemi Covid-19 melanda seluruh belahan dunia tak terkecuali Indonesia, maka pelaksanaan FORNAS VI di Sumsel akan digelar pada  Bulan Juli 2022 mendatang.

Sesuai jenisnya Olahraga Rekreasi, cabang Olahraga di FORNAS meliputi olahraga tradisional  yang sudah dikenal di masyarakat. Antara lain sepak bola, layang-layang, egrang, adu panco, Panahan, Gameball, Barongsai, Air Soft Gun, Sepeda BMX,  Bakiak, Begasing, Menyumpit, Belego,  hingga Bidar.

Ada yang lain pada FORNAS VI kali ini. Jika sebelumnya hanya diikuti atlit dari dalam Negeri, di FORNAS VI akan diikuti oleh atlit dari luar negeri lho. Jadi kita sekaligus dapat memperkenalkan potensi Sumatera Selatan.

FORNAS VI memiliki maskot yang keren lho.. Namanya Chitala. Chitala adalah Seekor Humanoid Ikan Belida keturunan asli Sumatera Selatan yang enerjik dan ramah. menyukai segala jenis makanan khas Sumatera Selatan, Khususnya Mie Celor dan Pempek. Chitala juga sangat mencintai Olahraga Khususnya Olahraga Rekreasi. Berumur 12 Tahun, memiliki berat badan 42Kg dengan tinggi badan 149 cm.

Chitala memakai outfit seragam olahraga putih berkerah merah, memakai tanjak dan songket sebagai ciri khas Sumsel Nomor 17 yang digunakan Chitala melambangkan 17 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan

Digelarnya FORNAS VI 2021 ini agar Sumatera Selatan lebih dikenal tidak hanya di Indonesia tapi juga di Mancanegara.

Sebelumnya, Kepala Dinas Dinas Pemuda dan Olahraga Akhmad Yusuf mengatakan Penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke VI yang akan digelar oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Palembang, pada 29 Juni - 7 Juli 2022. 

Halaman:

Editor: Beni Martha Daya

Terkini

X