• Rabu, 10 Agustus 2022

Manfaatkan Hari Jum'at Untuk Melakukan Amalan Berikut Ini!

- Jumat, 18 Maret 2022 | 15:50 WIB
Bershalawat adalah salah satu amalan yang dianjurkan saat hari Jum'at karena akan mendapatkan keutamaan dari Allah Swt. (islamicboard.com )
Bershalawat adalah salah satu amalan yang dianjurkan saat hari Jum'at karena akan mendapatkan keutamaan dari Allah Swt. (islamicboard.com )

infosumsel.ID – Saat hari Jum'at kita bisa melakukan amalan-amalan yang disunnahlan oleh Rasulullah Saw. sebab hari Jum'at memiliki keutamaan yang sangat dimuliakan oleh Allah Swt.

Kita selaku umat muslim harus memanfaatkan kebaikan yang Allah swt berikan, agar segala dosa dan kesalahn kita dapat diampuni oleh Allah Swt melalui amalan yang bisa kita lakukan saat hari Jum'at. Berikut amalan hari Jum'at yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kebaikan serta pahala dari Allah Swt.

Baca Juga: Agar Amal Tidak Sia-Sia, Begini Adab di Hari Jumat Menurut Rasulullah

Membaca Salawat

Dalam sabdanya, Rasulullah Saw pernah berkata :
"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR. Baihaqi)

Sehingga membaca shalawat di hari Jum'at insyaa allah akan dekat dengan Rasulullah Saw di hari Kiamat nanti. Kamu bisa memperbanyakan shalawat dimulai dari Kamis menjelang petang hari hingga Jum'at lewat tengah malam.

Baca Juga: Khutbah Jumat Jelang Ramadhan, Urutan Sedekah Harta Sesuai yang Diajarkan Rasullah SAW

Bersedekah

Banyak sebagian umat muslim yang berlomba-lomba untuk bersedekah di hari Jum'at, hal ini adalah salah satu amalan yang paling disukai oleh Allah swt. Karena
keutamaan dari sedekah atau berbagi kepada orang yang membutuhkan di hari Jum'at sangat banyak.

"Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya". Hadits dari Ka’ab menjelaskan: "Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya." (Mauquf Shahih).

Halaman:

Editor: Siti Umnah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X