• Rabu, 29 Juni 2022

Rekomendasi Film Indonesia Bertema Perjuangan, Cocok Untukmu si Penyuka Sejarah

- Rabu, 30 Maret 2022 | 13:58 WIB
Potongan adegan dari film Bumi Manusia (Instagram.com/denmasipung)
Potongan adegan dari film Bumi Manusia (Instagram.com/denmasipung)

infosumsel.ID - Selain membaca, orang-orang pada umumnya memilih menonton film di waktu senggang. Ada berbagai macam genre film yang dinikmati, baik itu kalangan muda maupun kalangan dewasa.

Bagi kalian penikmat film, berikut beberapa rekomendasi film Indonesia bertema perjuangan yang sayang jika dilewatkan.

1. Bumi Manusia

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia merupakan bagian dari Tetralogi Buru. Pertama kali diterbitkan oleh Hasta Mitra pada tahun 1980 sebelum akhirnya dijadikan film pada tahun 2019.

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias Buat Kaum Rebahan, Dijamin Ga Bikin Repot!

Baca Juga: Nonton Drama Bisa Bikin Depresi

Bumi Manusia menceritakan tentang kisah cinta seorang pribumi bernama Minke dan gadis Indo Belanda anak seorang Nyai bernama Annalies. Bapak Minke yang baru saja diangkat jadi Bupati, tak pernah setuju Minke dekat dengan keluarga Nyai. Sebab posisi Nyai di masa itu dianggap sama rendah dengan binatang peliharaan.

2. Tjokroaminoto

Rilis tahun 2015, film Tjokroaminoto digarap oleh Garin Nugroho. Film Tjokroaminoto mengisahkan tentang guru bangsa yang berhasil menjadi pendidik bagi tokoh-tokoh pemimpin Indonesia.

Oemar Said Tjokroaminoto lahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang kuat. Tjokroaminoto tidak diam saja melihat kondisi kemiskinan rakyat dan kesenjangan sosial selepas Tanam Paksa dan awal Politik Etis sekitar tahun 1900.

Halaman:

Editor: Siti Umnah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X