• Rabu, 10 Agustus 2022

Warga Gunung Kembang Minta Pilkades Diulang

- Kamis, 23 Desember 2021 | 09:35 WIB
Massa dari calon kades tidak terpilih dari Desa Gunung Kembang mendatangi halaman Pemda Lahat, Rabu (22/12)  (Foto : ismail/infosumsel)
Massa dari calon kades tidak terpilih dari Desa Gunung Kembang mendatangi halaman Pemda Lahat, Rabu (22/12) (Foto : ismail/infosumsel)

infosumsel.ID I Lahat - Warga Gunung Kembang Kecamatan Merapi timur meminta Pemkab Lahat untuk melakukan pemilihan ulang Pilkades Gunung Kembang karena menilaiada calon kades yang melakukan money politik. 

“Sebelumnya Desa Gunung Kembang sudah punya pakta integritas (perjanjian bersama) bahwa calon tidak boleh memberi suap kepada masyarakat,” kata Septadiansyah mengatasnamakan calon kades tidak terpilih dan masyarakat saat endatangai halaman Pemkab Lahat menggelar unjuk rasa damai, Rabu (22/12). 

Kehadiran massa, ditanggapi baik oleh Pemda Lahat. Bupati Lahat Cik Ujang SH diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, H Rudi Tamrin, S.E.,M.M mengucapkan terima kasih telah hadir dengan damai di Pemkab.Lahat. “Apabila ada permasalahan, silahkan diselesaikan secara musyawarah,” imbaunya.

Kepala Dinas DPMDes Lahat, Darul Efendi menyampaikan, bahwa proses tahapan pilkades tetap berjalan sebagaimana mestinya dan pelantikan pilkades akan dilaksanakan pada Jumat, 24 Desember 2021. “Terkait adanya indikasi money politik, silahkan menempuh jalur hukum yang ada, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada di Negara kita,” sarannya.

Ditempat sama, Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartoni SIK melalui Kabag Ops Kompol Dedi Suhendri, S.Sos menjelaskan, terkait masalah ini, bahwa proses hukum yang telah dilaporkan, akan ditindaklanjuti oleh Polres Lahat. Sembari proses hukum berjalan, ia berharap tahapan pilkades dapat terus berjalan.

“Tahapan pilkades berjalan, proses hukum berjalan. Apabila nantinya terbukti secara hukum akan ada proses yang lain,” terangnya.

Begitu juga disampaikan Kapolsek Merapi AKP Alex Andriyan. S. Kom bahwa biarkan proses hukum terus berjalan dan proses tahapan pilkades juga berjalan. “Mari kita jaga situasi di Desa Gunung Kembang agar tetap kondusif,” ajaknya.

Perwakilan peserta aksi, Syarman (korlap) kembali menyampaikan bahwa massa meminta proses hukum tindakan money politik yang ada di Desa Gunung Kembang, dan meminta ditunda pelantikan kades terpilih. Namun dari hasil rapat memutuskan bahwa proses hukum tetap berjalan dan proses tahapan pilkades tetap berjalan sesuai aturan yang ada. 

Editor: Beni Martha Daya

Terkini

43 Personil Polres Lahat Diganjar Penghargaan

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:35 WIB
X