• Rabu, 10 Agustus 2022

Alhamdulillah... Arab Saudi Izinkan Ibadah Haji

- Senin, 10 Mei 2021 | 09:49 WIB
Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji. (Net)
Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji. (Net)

infosumsel.ID | Jakarta - Arab Saudi akhirnya memutuskan akan menyelenggarakan ibadah haji pada tahun ini. Dilansir dari Reuters, pemerintah Arah Saudi akan menerapkan syarat khusus untuk berjaga-jaga dari pandemi covid-19.

Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan hal ini melalui TV pemerintah Arah Saudi. Kementerian menyampaikan akan menggelar ibadah haji dengan kondisi khusus. Namun, mekanisme dan ketentuan penyelenggaraan haji tahun ini akan diumumkan nanti.

Sebelumnya, pemerintah Arab Saudi masih membahas tentang kemungkinan melarang ibadah haji bagi jemaah dari luar negeri.

Sebagaimana diketahui, tahun lalu, Arab Saudi mengizinkan sejumlah kecil jamaah domestik untuk menunaikan haji. Jemaah yang diizinkan naik haji tahun lalau adalah ekspatriat yang bermukim di sana dan penduduk lokal.

Ibadah haji di masa pandemi corona dengan jumlah jemaah terbatas. Adapun jemaah yang diizinkan naik haji tahun lalau adalah ekspatriat yang bermukim di sana dan penduduk lokal.

Wakil Menteri Haji dan Umrah Abdel Fattah Mashat sebelumnya mengatakan bahwa jamaah asing dan domestik dapat melakukan umrah sesuai dengan persyaratan kesehatan dan protokol pencegahan virus corona.

Umrah dapat dilakukan dengan mendaftar lebih dahulu melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna.

Ia menegaskan, penerapan langkah-langkah kehati-hatian akan menjadi prioritas utama sembari memungkinkan jemaah dalam dan luar negeri untuk menunaikan umrah.

Editor: Usman Rizal

Terkini

X