• Senin, 27 Juni 2022

Pasokan Batubara dari Kritis Menuju Kondisi Cukup

- Jumat, 4 Februari 2022 | 16:39 WIB
Stok batubara yang dipakai sebagai bahan bakar kini cukup agar listrik tetap menyala  (Foto: pixabay)
Stok batubara yang dipakai sebagai bahan bakar kini cukup agar listrik tetap menyala (Foto: pixabay)

infosumsel. ID - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) memberikan larangan ekspor batubara agar mencukupi kebutuhan dalam negeri. Sayangnya larangan tersebut hanya berlaku 12 hari dan kini sejumlah perusahaan batu bara kembali melakukan ekspor.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan, kondisi stok batubara yang dipakai sebagai bahan bakar agar listrik tetap menyala.

Baca Juga: Batubara Sudah Boleh di Ekspor Lagi, Tapi Dengan Syarat

"Pasokan batu bara di 17 PLTU yang sebelumnya dalam kondisi kritis, kini rata-rata telah mencapai 15 hari operasi (HOP). Kondisi sistem kelistrikan di seluruh Indonesia dalam kondisi cukup," kata Darmawan Prasodjo, dikutip dari Pikiran Rakyat.Com

Sebelumnya di awal tahun 2022, PLN menyatakan kondisi stok batubara sempat menipis dan membuat pengaliran listrik ke lebih dari 10 juta pelanggan terancam padam.

Baca Juga: Pemerintah Akan Ganti Elpiji Dengan Olahan Batubara

Perubahan yang dilakukan PLN untuk listrik menyala adalah pada perubahan paradigma.

Salah satunya, awalnya terfokus pada pengawasan di titik bongkar, menjadi berfokus di titik muat.

Baca Juga: Luhut Izinkan Lagi Eskpor Batubara, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi

"PLN telah melakukan perubahan paradigma dalam monitoring dan pengendalian pasokan batubara, yang semula berfokus pada pengawasan di titik bongkar, menjadi berfokus di titik muat," ujar Darmawan.

Perubahan tersebut dijelaskan oleh Darmawan supaya bisa mendeteksi masalah terkait suplai batu bara.

Baca Juga: Perusahaan Batubara Dilarang Lakukan Ekspor, Ini Alasannya

"Jika ada potensi kegagalan pasokan yang disebabkan oleh ketersediaan batu bara maupun armada angkutan, akan dapat dideteksi lebih dini dan corrective action dapat dilakukan as early as possible, sehingga kepastian pasokan dapat lebih terjaga," ucap Darmawan.

Berita ini telah dimuat di Pikiran Rakyat.Com dengam Judul https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-013648476/sempat-jadi-ancaman-untuk-10-juta-pelanggan-pln-ungkap-kabar-terbaru-soal-stok-batu-bara-indonesia?page=2

Editor: Intan Sriwidari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X