• Senin, 27 Juni 2022

Kapan Hari Raya Idul Adha 2022? Ini Tahapan Penetapannya

- Rabu, 15 Juni 2022 | 16:44 WIB
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib menjelaskan rencana sidang Isbat Idul Adha 1443 H untuk menetapkan kapan hari raya Idul Adha 2022 (Kemenag)
Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib menjelaskan rencana sidang Isbat Idul Adha 1443 H untuk menetapkan kapan hari raya Idul Adha 2022 (Kemenag)

infosumsel.ID - Seluruh umat muslim didunia akan merayakan Idul Adha 1443 H, termasuk di Indonesia. Banyak masyarakat bertanya kapan hari raya Idul Adha 2022 ini

Untuk memastikan kapan hari raya Idul Adha ini, Kemenag akan melakukan sidang isbat untuk menetapkan Idul Adha 1443 H.

Dikutip dari laman kemenag.go.id, untuk pastikan kapan hari raya Idul Adha 2022, pada hari Rabu 29 Juni 2022 mendatang, Kementerian akan akan menggelar sidang isbat Awal Zulhijah yang rencananya digeal di auditorium HM.Rasjidi Kantor Kemenag RI, JL MH Thamrin Jakarta.

“Kami akan menggelar sidang isbat awal Zulhijah pada 29 Juni 2022 untuk menetapkan Idul Adha 1443 H. Ini merupakan layanan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelaksanaan terkait ibadah di bulan Zulhijah,” terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib.

Baca Juga: Ini Kegiatan Edukatif Anak Yang Bikin Hari Raya Idul Adha 1443 H Paling Berkesan Bagi Buah Hati

Dikatakannya, Sidang Isbat nantinya untuk bertujuan kapan hari raya Idul Adha, ditegaskannya pelaksanaan sidang isbat merupakan bagian penting dari tugas Kemenag, khususnya Ditjen Bimas Islam. Karenanya, dia meminta semua pihak yang terlibat untuk mempersiapkan diri secara maksimal.

“Belajar dari sidang isbat yang sudah kita laksanakan yaitu Sidang Isbat Awal Ramadan dan Sidang Isbat Awal Syawal, meski resonansi Sidang Isbat Awal Zulhijah tidak sekuat sidang-sidang tersebut, tapi tetap perlu persiapan yang maksimal,” pesannya.

Baca Juga: Ingin Tahu Tentang Africo Dwi Saputra Raih Prestasi Duta Pariwisata Nusantara 2022, Berikut Profil Lengkapnya

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Ismail Fahmi menjelaskan, Sidang Isbat Awal Zulhijah akan terbagi dalam tiga tahap.

Sesi pertama akan dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Zulhijah 1443 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X