• Kamis, 8 Desember 2022

Tembakan Gas Air Mata Sangat Bahaya, Inilah Materi Serbuk dan Dampaknya Bagi Kesehatan Manusia

- Senin, 3 Oktober 2022 | 08:00 WIB
Dampak negatif gas air mata bagi kesehatan manusia (Twitter.com/@akmalmarhali)
Dampak negatif gas air mata bagi kesehatan manusia (Twitter.com/@akmalmarhali)

infosumsel.ID - Tembakan gas air mata sangat membahayakan bagi kesehatan manusia. Bila terkena materi serbuk gas air mata bisa menimbulkan kematian seperti yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang saat laga Arema Malang versus Persebaya pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Tembakan gas air mata yang dilontarkan Polisi saat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan bukanlah berupa gas melainkan berupa materi serbuk yang sebenarnya hanya terdiri dua zat saja. Meski demikian memiliki dampak bagi kesehatan manusia.

Dampak bagi kesehatan manusia akibat dari tembakan gas air mata ini adalah kematian akibat sesak nafas. Hal itu terjadi karena materi serbuk yang terkandung di dalam dapat menyerang paru-paru sehingga korban menjadi sulit bernafas.

Baca Juga: Bocoran Preman Pensiun 6 Episode 32 Senin, 3 Oktober 2022, Kulkas Dua Pintu Bergabung Dengan Remon

Ahli farmasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Dra Karimah Muhammad, Apt CPE mengungkapkan, gas air mata sebenarnya bukan gas melainkan serbuk halus bertekanan tinggi yang dikemas dalam kaleng.

Materi serbuk yang ada dalam kaleng tersebut yakni berupa minyak capsicum atau minyak cabai dan Chloro benzal malono nitrile atau C10H5CIN2.

Dikutip infosumsel.ID dari akun Facebook Arema FC yang berjudul GAS AIR MATA: ALL YOU WANT TO KNOW, Dra Karimah menjelaskan, tabung yang berisi serbuk itu hanya berisi dua materi saja namun dampak yang diakibatkan sangat besar.

Baca Juga: Preman Pensiun 6 Libur Sementara, Bang Edi Umumkan Jadwal Tayang Episode Terbaru di Oktober

Dimana bila ditembakkan atau diaktifkan maka serbuk ini akan menyebar dan menggantung di udara dengan kepadatan yang tinggi.

Halaman:

Editor: Mela Puspita

Sumber: Facebook Arema FC

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X