Menko Airlangga: Indonesia Butuh 9 Juta SDM dan Kolaborasi untuk Mempercepat Akselerasi Ekonomi Digital

- Senin, 5 Desember 2022 | 19:03 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Instagram/@airlanggahartarto_official)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Instagram/@airlanggahartarto_official)

 

infosumsel.ID - Indonesia dinilai memiliki kondisi perekonomian nasional yang membaik dan juga keuntungan memiliki bonus demografi yang diperkirakan terjadi hingga 2035, salah satu yang dapat dilakukan yakni dengan mengakselerasi ekonomi digital

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Indonesia membutuhkan 9 juta tenaga kerja dalam 15 tahun atau harus melahirkan 600 ribu tenaga kerja setiap tahun, mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital. 

“Inilah tugas Kadin, akselerasi pendidikan agar digitalisasi yang sebagian besar tergantung SDM seluruhnya bisa dipersiapkan oleh anak-anak muda kita,” tegas Menko Airlangga, akhir pekan lalu. 

Baca Juga: Preman Pensiun 7: Cecep Siap Bantu Kang Gobang Bikin Usaha Sendiri, Lihat Reaksi Kang Mus

Dengan nilai ekonomi digital di kawasan ASEAN yang diproyeksikan mencapai USD 330 miliar pada tahun 2025, Indonesia harus ikut mengambil peluang termasuk dengan mempersiapkan sumber daya Manusia.

Ekonom INDEF Nailul Huda mengatakan, memang terjadi gap permintaan dan penawaran digital talent. 

“Jadi memang masih terjadi gap permintaan dan penawaran digital talent ini. Bahkan ada survei yang mengatakan ada 60 persen perusahaan Tekfin yang mengaku susah mendapatkan digital talent di bidang data programming dan data analysis,“ ujar Nailul, Senin 5 Desember 2022. 

Baca Juga: Kabar Gembira! Gelar Promo 12.12 Mega Sale: Harga HP Xiaomi 12 Dipangkas  Rp1,5 Juta, Cek Sekarang!

Halaman:

Editor: Reno Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X