Yogyakarta Jadi Provinsi Termiskin di Pulau Jawa, Pemerintah Daerah akan Segera Lakukan Hal Ini

- Senin, 23 Januari 2023 | 11:00 WIB
Ilustrasi, Provinsi DIY menjadi provinsi termiskin di Pulau Jawa, Pemprov ungkap Yogyakarta paling bahagia. (Unsplash/Agto Nugroho)
Ilustrasi, Provinsi DIY menjadi provinsi termiskin di Pulau Jawa, Pemprov ungkap Yogyakarta paling bahagia. (Unsplash/Agto Nugroho)

infosumsel.ID - Yogyakarta jadi provinsi termiskin di Jawa menurut data dari BPS, namun ada hal yang mengejutkan terkait data diatas.

Secara data yang dikeluarkan oleh BPS, Yogyakarta memang masuk sebagai provinsi termiskin di Jawa.

Namun dilihat dari statistik keseluruhan ternyata meskipun menjadi provinsi termiskin di Jawa, Yogyakarta memiliki Angka Harapan Hidup (AHH), Indeks Kebahagiaan (IP), Sekolah Harapan Lama (HLS), dan Indeks Kesejahteraan Sosial (IKS) yang masih menjadi peringkat tertinggi di Indonesia.

Baca Juga: Gawat, Lord Yayat Terciduk di Rumah Kang Mus Mau Pepet Safira Ambil Hati Ceu Esih di Preman Pensiun 8

Data diatas cukup bertolak belakang dengan catatan BPS mengenai kemiskinan di DIY. 

Secara logika, apabila DIY benar-benar menjadi kota termiskin seharusnya diperkuat dengan fakta tingginya angka putus sekolah, tingginya reaksi, serta harapan hidup dan indeks kebahagiaan yang juga rendah. 

Tetapi hal itu tidak terjadi di DIY, karena unsur pendidikan, kesehatan, harapan hidup dan kebahagiaan masih menjadi salah satu yang terbaik bukan hanya di Pulau Jawa tapi di Indonesia.

Baca Juga: Arsenal Kokoh di Puncak Klasemen, Setelah Libas Manchester United, Kebangkitan Meriam London

Menanggapi hal ini Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono menyebutkan, jumlah penduduk miskin di DIY pada September 2022 tercatat sebanyak 463.630 orang atau naik 8.900 orang dibandingkan pada data Maret 2022.

Halaman:

Editor: Siti Nieke Noviyanti

Sumber: jogjaprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X