• Rabu, 29 Juni 2022

Video Viral Uang Pecahan Rp1 Juta, Ini Kata Pihak Bank Indonesia

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:02 WIB
Tangkapan layar video viral uang pecahan Rp1 juta pihak Bank Indonesia angkat bicara (instagram @jabarsaberhoaks)
Tangkapan layar video viral uang pecahan Rp1 juta pihak Bank Indonesia angkat bicara (instagram @jabarsaberhoaks)

infosumsel.ID - Terkait beredarnya video viral uang pecahan Rp1 juta di media sosial, Pihak Bank Indonesia angkat bicara terkait hal tersebut.

Sebelumnya sebuah video viral di Instagram @jabarasaberhoaks berdurasi 11 detik mengklaim jika uang baru pecahan Rp1 juta berbentuk uang kertas warna putih dan biru dan gambar wanita sedang menari.

Marlison Hakim, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia mengatakan berdasarkan UU No 7 Tahun 2011 tentang mata uang.

Baca Juga: Ini Kronologi Video Viral Ibu-Ibu Tegur Perempuan Muda di Dalam Pesawat

Bank Indonesia merupakan lembaga resmi yang berhak mengedarkan dan mengeluarkan uang Rupiah termasuk uang pecahan Rp1 juta.

Marlison mengatakan bahwa, Bank Indonesia tidak pernah mengeluarkan dan mengedarkan uang uang specimen Perum Peruri seperti pada video yang tengah viral tersebut.

Baca Juga: Aksi Unjuk Rasa Buruh Se Sumsel Berjalan Aman dan Kondusif, Ini Kata Kapolrestabes

Lanjutnya ia mengatakan, gambar uang dalam video tersebut merupakan uang dalam rangka uji cetak di Perum Peruri, sehingga hanya untuk kepentingan internal Peruri saja.

Sebagai informasi, Perum Peruri merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang percetakan uang dan dokumen menjelaskan.

Baca Juga: Di Empat Lawang Belum Ditemukan Penyakit Hepatitis Akut

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Sumber: @jabarsaberhoaks

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X