• Rabu, 10 Agustus 2022

Lemang Beras Ketan, Salah Satu Ciri Khas Kuliner Pagaralam

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:40 WIB
Proses Memasak Lemang dengan Kayu Bakar. 
 (Foto: Lian/infosumsel.ID)
Proses Memasak Lemang dengan Kayu Bakar. (Foto: Lian/infosumsel.ID)

infosumsel.ID - Satu lagi kuliner khas Pagaralam yaitu lemang beras ketan, lemang menjadi kuliner favorit bagi masyarakat Pagaralam maupun Luar Kota Pagaralam, selain rasanya yang memanjakan lidah lemang memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini diungkapkan penjual lemang Pagaralam Zulaikha, Sabtu (15/1).

Zulaikha menuturkan, bahan-bahan untuk membuat lemang antara lain, beras ketan 1 Kg, kelapa1 buah, gula 1 ons, garam 1 sendok teh, serta daun pisang kepok.

"Cara membuatnya, cuci bersih beras ketan, campur beras ketan dengan santan kelapa (kalo 1 buah kelapa bisa dijadikan 500ml santan kental), tambahkan gula+garam, kemudian masukan langsung ke dalam bambu yang sudah dilapisi daun pisang setelah itu baru proses memasaknya, " tutur Zulaikha.

Sementara untuk proses memasak lemang itu sendiri Zulaikha mengatakan, setidaknya butuh waktu kurang lebih selama 40 menit dengan cara dipanggang.

"Panggang lemang selama 40 menit, sampai matang sampai bambu sudah terlihat gosong," imbuhnya.

Lebih lanjut Zulaikha mengatakan, bagi siapa saja yang ingin menikmati lemang tersebut dapat datang langsung ke Nusa indah RT 2/RW 1, Kelurahan Tebat Giri  Indah Kecamatan Pagar Alam Selatan Kota Pagaralam, penjual lemang atas nama Zulaikha.

Terpisah, Fitriani warga Gunung Dempo mengaku dirinya dan keluarga sangat menyukai lemang beras ketan tersebut. Dikatakan Wanita yang akrab dipanggil Fifit ini, apabila keluarganya dari luar Kota Pagaralam berkunjung ke Pagaralam menu favorit yang harus ada salah satunya lemang beras ketan ini.

"Dari dulu memang keluarga kami suka lemang, ya apalagi kalau keluarga yang jauh mau ke Pagaralam pasti pesan lemang beras ketan, selain dimakan di sini ya untuk oleh-oleh juga," pungkasnya.

Editor: Intan Sriwidari

Terkini

X