• Rabu, 10 Agustus 2022

Nasib Calon Jamaah Haji Sumsel Digantung

- Selasa, 25 Mei 2021 | 12:00 WIB
Ilustrasi jamaah haji. (Foto: net)
Ilustrasi jamaah haji. (Foto: net)

infosumsel.ID | Palembang - Meski belum diketahui berapa jumlah kuota jamaah haji untuk Sumsel tahun 2021, Kementerian Agama Kanwil Sumatera Selatan telah melakukan persiapan seperti vaksin Covid-19 bagi calon jemaah haji. 

Kasubbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin Latif, mengatakan walaupun belum diketahui berapa kuota untuk Sumsel, namun secara teknis persiapan telah dilakukan seperti vaksin Covid-19 bagi calon jemaah haji (CJH). 

"Kepastiannya kita tidak tahu, karena untuk kuota kita tidak bisa mengira-ngira. Tapi kami telah lakukan vaksinasi bagi CJH bagi syarat Haji," kata Saefudin, Selasa (25/5/2021). 

Saifuddin menjelaskan untuk tahun 2021, Kemenag Sumsel telah menyerahkan data 7.035 jemaah haji asal Sumsel yang harus berangkat tahun 2020 untuk divaksin. Jumlah tersebut, merupakan kuota Sumsel setiap tahunnya untuk berangkat ke tanah suci. 

"Tetap (kuota) itu sesuai kuota Sumsel. Tapi kami belum bisa pastikan karena menunggu Pemerintah Saudi. Sementara ini datanya sudah kita serahkan Dinas Kesehatan untuk tahun 2020 sudah kita lakukan vaksin semua termasuk yang lansia. Untuk tahun selanjutnya, kita masih menunggu kuota dari Dinkes," jelas dia. 

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan Pemerintah Republik Indonesia masih menunggu pemerintah Saudi Arabia terkait kuota Haji yang akan diterima Indonesia. 

"Kami terus melakukan komunikasi mengenai persiapan ibadah haji di tengah kondisi pandemi Covid-19 dengan Kerajaan Arab Saudi. Kalau pemerintah Saudi membolehkan dengan kuota sekian, insyaallah saat ada keputusan kita sudah siap," katanya.

Editor: admin

Terkini

X