• Sabtu, 13 Agustus 2022

Pengamat : Partai NasDem Kemungkinan Dukung Capres dari Luar Partai di Pilpres 2024

- Selasa, 31 Mei 2022 | 21:27 WIB
Partai Nasional Demokrat (NasDem) diagendakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Juni 2022. Dalam agenda itu, NasDem bakal mengusung Calon Presiden (Capres) untuk Pilpres 2024 (istimewa)
Partai Nasional Demokrat (NasDem) diagendakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Juni 2022. Dalam agenda itu, NasDem bakal mengusung Calon Presiden (Capres) untuk Pilpres 2024 (istimewa)

infosumsel.ID - Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai Partai Nasdem memiliki ketertarikan untuk mendorong Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Di mata Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, menilai Partai Nasdem tidak memiliki calon untuk cukup layak diusung sebagai Capres saat Pilpres 2024, karena itulah dirinya menilai Partai Nasdem mencari figur dari luar Partai.

Baca Juga: Pengamat : PDI Perjuangan Berpotensi Menang di Pilpres 2024, Asalkan Racikan Capres dan Cawapres Tepat

Baca Juga: Api Menghanguskan Gudang Gas LPG di Desa Padang Burnai Empat Lawang

“Di Nasdem memang tak ada kader internal yang cukup layak di capres atau cawapres kan. Oleh karena itu, Nasdem sangat rasional dan realistis,” terang Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin saat diwawancara Info Indonesia, Selasa (31/5/2022).

Lanjutnya, jika Partai NasDem tetap terus memaksa untuk mengusung kadernya di Pilpres 2024 makan kemungkinan besar tidak akan mendapatkan dukungan, oleh karena itu Partai NasDem lebih mendukung atau mendorong figur yang berasal dari luar partainya.

Baca Juga: Jalin Silaturahmi, UKM IKM Nusantara DPW Sumatera Selatan Lakukan Kunjungan Ke PT Pegadaian Area Palembang

Baca Juga: Awas Hoaks!! Ini Penjelasan Lengkap Kepala BPBD Kota Pagaralam Soal Letusan Gunung Dempo

“Jadi hal yang positif dan bagus jika Nasdem dukung figur eksternal,” jelasnya.

Dia menilai bahwa jika pilihan Nasdem jatuh pada Ganjar dan Anies, maka itu merupakan pilihan yang sangat realistis. Pasalnya, baik Ganjar maupun Anies sama-sama memiliki elektabilitas yang tinggi.

Akan tetapi, Ujang mengingatkan bahwa menyandingkan atau memasangkan keduanya tidaklah mudah. Karena, ada kelompok oligarki yang sudah mapan berkuasa, dan tidak ingin Anies maju menjadi capres atau cawapres.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadapi Pileg 2024, Gokar Lahat Gasss Poll

Selasa, 12 Juli 2022 | 18:10 WIB
X