• Rabu, 5 Oktober 2022

Pengamat Politik : Koalisi Indonesia Bersatu Berpotensi Bubar Sebelum Pemilu 2024,

- Senin, 4 Juli 2022 | 19:15 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dalam pertemuan Silahturahmi Nasional (Silatnas) Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), 4 Mei 2022.(dok/ist)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dalam pertemuan Silahturahmi Nasional (Silatnas) Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), 4 Mei 2022.(dok/ist)

infosumsel.ID - Peneliti Politik dari Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdus Salam memprediksi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berpeluang bubar sebelum Pemilu 2024 dilaksanakan.

Seperti diketahui, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk berjuang di Pemilu 2024 mendatang.

Dikatkan Surokim Abdus Salam, kemungkinan bubarnya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) cukup besar lantaran ketiga partai tersebut memiliki kepentingan berbeda di Pemilu 2024.

Baca Juga: Ini Tiga Nama Kandidat Capres Partai NasDem di Pemilu 2024 Yang Diumumkan Langsung Surya Paloh di Rakernas

"Kepentingan-kepentingan masih mungkin saja ber-ubah sesuai dinamika ketiga partai dan relasinya dengan partai-partai lain," kata Surokim, Senin, 4 Juli 2022.

Lanjutnya, Koalisi Indonesia Bersatu merupakan gabungan partai pendukung pemerintah Jokowi. Meski begitu, tidak ada jaminan bagi Golkar, PAN dan PPP untuk bisa menang dalam kontestasi mendatang.

"Tidak ada jaminan bisa permanen karena tidak ada kader yang punya elektabilitas kuat dan juga mereka masih terikat dengan kekuatan Jokowi," kata Surokim.

Baca Juga: Ini Tugas Tim Percepatan Pembangunan, Usai Dilantik Bupati Lahat

Lebih jauh Surokim menyakini, Golkar, PAN dan PPP memiliki arah politik yang berbeda meski dipermukaan menampilkan kesamaan. Selain itu, dinamika politik yang masih cair akan membuat koalisi itu mudah goyah dan retak.

"Arah angin dan ombak masih bisa saja berbelok. Membuat koalisi alami gembos, jika kekuatan Jokowi sudah bergerak," kata dia.

Sementara itu, peneliti politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati menilai jika potensi bubarnya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sangat kecil karena ketiga Ketum Parpol telah berikrar.

Halaman:

Editor: Benni Martha Daya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X