• Selasa, 6 Desember 2022

Jokowi Unggulkan Airlangga Hartarto Sebagai Capres 2024 Dibanding Dua Menteri Lainnya, ini Alasannya

- Kamis, 8 September 2022 | 19:59 WIB
Presiden Jokowi unggulkan Airlangga sebagai Capres 2024 dibanding dua menteri lainnya (Instagram/airlanggahartarto_official)
Presiden Jokowi unggulkan Airlangga sebagai Capres 2024 dibanding dua menteri lainnya (Instagram/airlanggahartarto_official)

infosumsel.ID - Dari tiga nama menteri yang saat ini sedang mempersiapkan diri menjadi Calon Presiden atau Capres 2024, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengunggulkan nama Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Menndrofa mengungkapkan, ada beberapa alasan yang membuat Presiden Jokowi mengunggulkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, sebagai Capres 2024.

"Jadi ada beberapa alasan, kenapa Airlangga diunggulkan, pertama ia menteri dari kabinet Jokowi, kedua adalah ketua umum Partai Golkar yang telah solid mendukung Jokowi hingga saat ini," jelas Herry.

Baca Juga: Tak Terima Raffi Ahmad dan Andre Taulany Disebut Sultan, Firdaus Oiwobo Akan Lapor Polisi: Ngaku-ngaku

Baca Juga: Demo Kenaikan BBM di DPRD Sumsel Sempat Ricuh, Mahasiswa Bakar Ban hingga Lempari Petugas dengan Botol

Sebelumnya, Ketua DPD Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena mengungkapkan tiga nama yang diunggulkan Presiden Jokowi, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Herry menambahkan, faktor selanjutnya adalah masalah ekonomi yang menjadi fokus pemerintahan Jokowi. Sementara itu, Airlangga saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian.

"Ketiga, masalah ekonomi yang menjadi isu sentral dan fokus pemerintahan Jokowi. Kebetulan menteri atau pemimpinnya adalah Airlangga," lanjutnya.

Baca Juga: Soroti Kasus Mantan Sopir Nindy Ayunda, Nikita Mirzani Blak-blakan Tuntut Keadilan

Menurut Herry, masalah ekonomi menjadi salah satu penyebab kecenderungan Jokowi terhadap Airlangga yang diprediksi akan maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Di sisi lain, isu ekonomi juga menjadi sorotan di masa pandemi hingga kini kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Halaman:

Editor: Raden Mohd Solehin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X