• Rabu, 5 Oktober 2022

KIB Harus Segera Ambil Keputusan Tentukan Posisi Capres atau Cawapres Untuk Pilpres 2024

- Kamis, 22 September 2022 | 22:47 WIB
KIB diminta segera menentikan Capres atau Cawapres untuk Pilpres 2024 (Instagram/@airlanggahartarto_official)
KIB diminta segera menentikan Capres atau Cawapres untuk Pilpres 2024 (Instagram/@airlanggahartarto_official)

infosumsel.ID - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bisa mengajukan kader internal dalam proses pencalonan Pilpres 2024. KIB dapat mempertimbangkan untuk mengambil posisi sebagai calon presiden (calon) atau sebagai calon wakil presiden (cawapres).

KIB ini bisa menyiapkan kader-kader terbaik untuk menjadi capres. Artinya ada kecenderungan KIB menggunakan karcis atau karcis tidak dirobek, namun karcis tersebut dimanfaatkan oleh partai sendiri dengan mengajukan kader atau jenderal terbaiknya. pemimpin atau figur sentral. Apakah positioning sebagai calon presiden atau positioning? sebagai wakil presiden," katanya di Jakarta, Kamis, 22 September 2022.

Baca Juga: 3 Rekomendasi HP iPhone yang Worth It untuk Dibeli 2022, Semua Turun Harga

Syarwi menambahkan, KIB juga bisa mengajukan calon dari KIB eksternal. Hal ini akan memperkuat KIB sebagai koalisi yang inklusif dengan memberikan kesempatan kepada tokoh-tokoh di luar KIB yang tidak tertampung di partai politik, padahal tokoh-tokoh tersebut memiliki popularitas dan elektabilitas yang kuat.

“Kedua, KIB akan mampu menampung calon yang tidak memiliki boarding pass, yang tidak berpartai. Ia figur eksternal namun memiliki nilai jual yang baik, elektabilitas yang baik, sehingga KIB akan mampu menampung pihak eksternal. nomor untuk menggunakannya. boarding pass KIB ini,” lanjutnya.

Baca Juga: 3 Rekomendasi HP Xiaomi Murah Terbaru Rp 1 Jutaan, Cek Spesifikasi hingga Promo Menariknya

Menurutnya, proses pencalonan juga merupakan ujian KIB. Pemilihan calon akan membutuhkan banyak penyesuaian dengan kepentingan politik partai-partai anggota koalisi. Hal ini akan sangat mempengaruhi kekompakan koalisi.

“Kekuatan perekat lem koalisi ini sebenarnya terletak pada pencalonannya. Ini adalah pertanyaan yang akan diuji. Koalisi KIB bubar di tengah jalan? Akankah KIB bertahan sampai akhir?

Namun, Syarwi menekankan bahwa KIB juga dapat memperkuat kohesi koalisi dengan memperkuat platform programatik. Tentu saja, terlepas dari faktor nominasi.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Satus Penerima BSU atau BLT Subsidi Gaji Rp600.000 Lewat HP, Bisa Langsung Cair

Halaman:

Editor: Raden Mohd Solehin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X