POLITIK

Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Terpilih

Hanya FKPD Dan Istri Boleh Saksikan Pelantikan

Ilustrasi pelantikan Bupati / wakil bupati (foto : net)
Ilustrasi pelantikan Bupati / wakil bupati (foto : net)

infosumsel | Palembang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Biro Humas dan Protokol sudah mempersiapkan mekanisme penerapan protokol kesehatan saat prosesi pelantikan enam Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 lalu.

Plt. Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sumsel, Rika Efriyanti menerangkan, untuk persiapan pelantikan sudah siap 100%, dimana pelantikan akan dilaksanakan di Griya Agung, siang ini, Jumat (26/2/2020).

"Hari ini enam Bupati terpilih akan dilantik langsung oleh Gubernur Sumsel di Girya Agung," ungkapnya.

Rika menuturkan, untuk menghindari kerumunan saat prosesi pelantikan, tamu yang hadir akan dibatasi. Dimana, yang boleh masuk saat pelantikan hanya keluarga Bupati-Wakil Bupati terpilih dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) masing-masing daerah.

"Yang masuk cuma boleh Istri dan FKPD masing-masing daerah. Itu juga harus menunjukkan bukti Rapid Antigen dengan hasil negatif," ungkapnya.


Bagi pendukung dan masyarakat yang ingin menyaksikan siaran langsung prosesi pelantikan, pihaknya alan menayangkan siaran langsung melalui beberapa platform seperti kanal Youtube, siaran TV dan di beberapa Media Sosial.

"Kamu sudah mint Humas untuk menayangkan siaran langsung du TV dan berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Provinsi Sumsel, untuk mempersiapkan penayangan secara langsung melalui beberapa platform seperti Youtube, Media Sosial dll," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas, Septiandi menerangkan, untuk pelantikan dapat disaksikan secara live di Chanel Youtube Dinas Kominfo Sumsel, Instagram Kominfo Sumsel dan Live di stasiun TV lokal.

"Kita sudah mempersiapkan untuk live di beberapa kanal dan platform termasuk media sosial," terangnya.

Seperti diketahui, Kepala Biro Pemerintahan Otonomi Daerah (Otda) Sumsel, Sri Sulastri usai mengikuti  rapat koordinasi  (Rakor) pemantapan pelaksanaan pelatikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota hasil Pilkada Serentak 2020 secara virtual di Command Center Kantor Gubernur, kemarin Rabu (24/2/21), menyebut pihaknya telah mengantongi izin dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri RI terkait pelaksanaan pelantikan kepala daerah terpilih. 
 
Dijelaskan Sri, ke- enam  pasang kepala daerah (bupati/Wakil Bupati) yang bakal dilantik tersebut, yakni Bupati dan Wakil Bupati  Ogan Ilir, OKU Timur, Musi Rawas, OKU Selatan, OKU, Muratara. Sedangkan untuk PALI masih dalam proses penyelesaian PHP di Mahkamah Konstitusi (MK). 


Video Terkait:
Live Streaming : Pelantikan Bupati Oleh Gubernur Sumsel
Editor: