SUMSEL RAYA

Pembuatan SKCK Via Drive Thru di Pagaralam

Layanan Pembuatan SKCK di Polres Pagaralam (Foto : Hand)
Layanan Pembuatan SKCK di Polres Pagaralam (Foto : Hand)

I Pagaralam - Mengamanati program 100 hari kerja Kapolri dalam memberikan pelayanan prima serta lebih dekat kepada masyarakat, Polres Kota Pagar Alam melakukan terobosan layanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Drive Thru sehingga masyarakat tidak perlu repot datang ke Mapolres Kota Pagar Alam.

Dikatakan Kasat Intelkam Polres Pagar Alam, AKP Suandi, dengan adanya pelayanan ini tim identifikasi Sat Intelkam akan langsung mendatangi masyarakat, yang pada tahap awal ini akan dilakukan seminggu sekali setiap hari Jum'at dan di pusatkan di Pos Pol Pasar Dempo Permai.

"Tujuanya adalah untuk mewujudkan pelayanan prima dan mewujudkan satuan fungsi Polres Pagar Alam," jelas Kasat Intelkam, Kamis (4/3/2021).

Lanjut Kasat Intelkam, pelayanan dilakukan seoptimal mungkin melayani masyarakat. Baik lokasi keramaian lain, sehingga masyarakat tidak perlu lagi repot repot ke Mapolres Pagaralam. Karena lokasi Mapolres bisa dikatakan cukup jauh dari jangkauan masyarakat. 

“Yang jelas, nantinya terobosan pelayanan ini akan dioptimalkan lagi karena masih keterbatasan prasarananya. Semisal, untuk pelayanan ini difasilitasi kendaraan yang dilengkapi dengan peralatan pendukung pembuatan SKCK mulai dari perangkat computer, sidik jari dan pendukung lainnya,” beber dia. 


Ditambahkan Kaur Mintu, Bripka Johan Setiawan, bahwa pembuatan SKCK ini tak lama. Asalkan si pemohon melengkapi persyaratannnya. Diantaranya, fotokopy sidik jari, KTP, KK, ijazah, pas foto 4x6 tiga lembar. Sedangkan untuk permohonan perpanjangan cukup menyerahkan SKCK lama, dan syarat lainnya.

“Saat ini untuk pemohon SKCK mulai direspon positif masyarakat sesperti yang kita lakukan di Pos Pos Pasar Dempo Permai karena sekitar 6 SKCK kita terbitkan. Agar masyarakat lain mengetahui, kita kembali akan mensosialisasikannya lagi agar masyarakat bisa terlayani,” ujar Bripka Johan jika pelayanan masih dikenakan tariff Rp30.000 sesuai dengan peraturan pemerintah yang mana pendapatan SKCK ini merupakan Pajak Negara Bukan Pajak (PNBP).

Tidak hanya pelayanan SKCK Drive Thru, Polres Pagar Alam disatuan fungsi lain juga melakukan terobosan lain. Yaitu, pembuatan laporan kepolisian door to door. Seperti yang disampaikan Bripka Merla, Humas Polres Pagar Alam, jika pembuatan laporan kehilangan bisa antar alamat. Yang bersangkutan atau si pemohon cukup menghubungi whats app SPKT dengan nomor 0852 79026805 untuk jadawal pelayanan mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

“Untuk jenis laporan kepolisian model C atau LPC. Semisal pemohon kehilangan KTP, ATM atau buku tabungan, dokumen penting lainnnya,” pungkasnya

Editor: Suhardi