SUMSEL RAYA

Pugar Masjid Masuk Skala Prioritas Pembangunan

Peresmian pemugaran Masjid Baitul Muttaqin di Tanjung Raja. (foto: Edwinsyah)
Peresmian pemugaran Masjid Baitul Muttaqin di Tanjung Raja. (foto: Edwinsyah)

| Muara Enim - Pembangunan suatu daerah bukan hanya dilihat dari perkembangan infrastrukturnya saja. Banyak hal lain yang bisa menjadi acuan, salah satunya adalah pembangunan akhlak dan keimanan. Inilah hal yang dijadikan perhatian dan prioritas di Desa Tanjung Raja, Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim.

Pemerintah desa Tanjung Raja tidak melulu meberikan perhatian kepada infrastruktur dan kemajuan perekonomian saja. Pembentukan akhlak dan keimanan masyarakat juga menjadi poin penting yang akan membuahkan hasil di masa yang akan datang.

Saat ini, langkah awal yang dilakukan adalah dengan memugar masjid agar semakin megah dengan tujuan memakmurkannya bukan hanya dari segi bangunan, namun juga meningkatkan aktifitas keagamaan bagi masyarakat. Dengan berbekal niat tulus dan dukungan semua pihak, renovasi Masjid Baitul Muttaqin sudah mencapai 50 persen lebih pengerjaan.

Kepala Desa Tanjung Raja, Hisuludin mengataka, ke depan pada generasi yang akan datang, dapat menciptakan bibit handal berbasis agama. Dengan terus menanamkan pendidikan keagamaan sejak dini.

"Untuk ciptakan bibit handal berbasis agama ini, kita akan mengembangkan Masjid Baitul Muttaqin ini sampai selesai," ungkap Hisuliadi, Minggu (04/04/2021).


Menurut dia, ia selaku Pemerintah Desa Tanjung Raja, akan bersenergi bersama-sama dengan masyarakat untuk terus melakukan penyelesaian pembangunan masjid ini. Yang ke depan, masjid ini selain sebagai tempat ibadah juga dapat menjadi icon Desa Tanjung Raja.

"Keberhasilan dalam pembangunan masjid ini tidak semata-mata hanya beberapa orang saja, Tetapi, seluruh lapisan masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama di desa dan pihak ketiga yang telah membantu untuk mensukseskan pembangunan masjid ini sampai selesai," bebernya.

Selain itu, rencana tahun, ia juga telah memprogramkan pembangunan rumah tahfidz dan pesantren. Ini sudah disediakan dua titik lahan. Satu lahan untuk Rumah Tahfidz dan saru lahan untuk pesantren.

"Insyallah, di tahun ini juga kita akan membangun Rumah Tahfidz dan Pesantren. Dengan begitu, akan mencetak SDM masyarakat anak-anak yang handal berbasis agama sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Muara Enim," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, berkenan menyempatkan diri menyambangi lokasi masjid, Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin. Pada kesempatan itu, dirinya ikut mensuport dan mendoakan agar pembangunan Masjid Baitul Muttaqin yang sudah berdiri sejak 83 tahun yang lalu dapat segera selesai dan dilancarkan dalam pemugaran masjid kebanggaan masyarakat Desa Tanjung Raja ini.

"Saya sangat mengapresiasi sekali, pada warga masyarakat Desa Tanjung Raja dan juga pemerintah desa, dalam melakukan pembangunan masjid Baitul Muttaqin ini," ungkap Sri Sultan.

Ia sangat mendukung apa yg dilakukan pemerinta desa, pengurus masjid dan masyarakat. Kegiatan ini perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah, perusahaan dan umat islam. Agar akhlak umat semakin baik, dengan makmurnya tempat ibadah seperti ini.

Editor: Yuliani