SUMSEL RAYA

Petugas Temukan Android dan Modem di Lapas

Razia gabungan secara mendadak terhadap seluruh warga binaan penghuni Lapas, Senin (5/4/2021). (Foto: Edwinsyah)
Razia gabungan secara mendadak terhadap seluruh warga binaan penghuni Lapas, Senin (5/4/2021). (Foto: Edwinsyah)

| Muara Enim - Guna memastikan di dalam lingkungan Lapas kelas IIB Muara Enim Zero dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba, petugas melakukan razia gabungan secara mendadak terhadap seluruh warga binaan penghuni Lapas, Senin (5/4/2021).

Dalam oprasi yang terdiri dari BNN Muara Enim, Kepolisian dan TNI ini, petugas menyisir satu persatu blok dan kamar kamar serta barang barang pribadi milik warga binaan. Tidak hanya itu saja, setiap inci dari bagian blok luar maupun dalam diperiksa petugas.

Kepala Lapas Klass IIB Muara Enim, Herdianto mengatakan razia ini dilakukan untuk memastikan bahwa Lapas Muara Enim zero narkoba. 

“Ini komitmen kita untuk menekan bahakan memutus mata rantai narkoba didalam lapas yang kerap menjadi momok. Dan Alhamdulillah malam ini tidak ditemukan obat-obatan terlarang tersebut,” ujarnya saat diwawancarai usai razia.

Herdianto optimis bahwa Lapas Klass IIB bisa bersih dari narkoba. Karena dia dan anggota sangat ketat dan teliti apalagi pada waktu sebelumnya pernah mendapati pengunjung yang hendak menyelundupkan narkoba ke dalam lapas. 


“Kita juga setiap dua minggu sekali melakukan tes urin kepada warga binaan secara acak,” tegasnya.

Ia memperingatkan bahwa baik warga binaan maupun petugas jangan sekali-sekali terlibat narkoba, karena akan diproses secara hukum.

Selain itu, bukan hanya narkoba yang juga menjadi target dari razia kali ini, petugas juga mencari barang barang yang dilarang ada didalam lapas. 

“Tidak narkoba saja, kita juga mendapatkan memeriksa barang lainnya. Dan saat ini kita menemukan beberapa barang seperti, sendok besi, kabel listrik (terminal), korek api gas, ikat pinggang besi, modem internet dan handphone android,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BNN Muara Enim, AKBP Abdulrahman mengatakan, dengan adanya kegiatan razia gabungan yang melibatkan banyak pihak seperti BNN, Polri dan TNI, bisa terjalin sinergitas dalam upaya penekanan bahkan pemberantasan penyalahgunaan narkoba, khususnya di dalam Lapas.

“Saya sangat mendukung apa yang dilakukan Lapas Muara Enim ini. Saya harap ini bisa terus dilakukan. Karena kita tau bahwa peredaran narkoba sudah menyebar kemana-mana tidak terkecuali di dalam Lapas. Jadi jangan sekali sekali bermain narkoba,” tegas Polisi berpangkat melati dua ini.

Pada pelaksanaan razia semalam, berjalan kondusif, dan ada sekitar 50 an anggota gabungan dari Lapas, TNI dan Polri. Sebelum melakukan razia, petugas melakukan apel dan mulai menyisir satu persatu blok dan menggeledah satu persatu warga binaan. Petugas tidak menukan narkoba, hanya beberapa barang yang dilarang seperi, kabel listrik, korek api, sendok besi, modem internet, alat cukur, dan handphone android.

Editor: Yuliani