SUMSEL RAYA

6 OPD di Pagaralam Tanpa Kepala Dinas

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni kembali melakukan rotasi besar-besar sejumlah pejabat mulai eselon II, III, dan pejabat eselon IV. (ist)
Walikota Pagaralam Alpian Maskoni kembali melakukan rotasi besar-besar sejumlah pejabat mulai eselon II, III, dan pejabat eselon IV. (ist)

| Pagaralam -Walikota Pagaralam Alpian Maskoni kembali melakukan rotasi besar-besar sejumlah pejabat mulai eselon II, III, dan pejabat eselon IV.

Dalam rotasi ini, ada beberapa Kepala OPD yang dibiarkan kosong atau tidak diisi oleh pejabat lain setelah kepala dinas yang lama dipindahkan jabatannya.

Beberapa Kepala OPD strategis yang dibiarkan kosong seperti Badan Keuangan Daerah (BKD), Dinas PU PR, dan Dinas PU Perkim.

Tidak hanya itu, ada sejumlah OPD lainnya juga tidak memiliki kepada dinas yaitu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dispora.

Sebanyak 165 orang pejabat itu dilantik terdiri dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) atau Eselon II, jabatan Administrator atau eselon III, dan Jabatan Pengawas atau eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam.


Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mengatakan, rotasi jabatan merupakan hal biasa dalam organisasi pemerintahan. Hal ini sesuau dengan aturan dan tahapan yang ada.

“Rotasi jabatan ini merupakan upaya kita dalam memenuhi kebutuhan dalam menjalankan roda pemerintahan di Kota Pagaralam,” jelasnya.

Menanggapi ada beberapa OPD teknis yang saat ini tidak memiliki kepala dinas, Alpian Maskoni mengatakan tidak ada pengaruh terhadap program pembangunan yang dijalankannya.

“Meskipun kepala dinasnya kosong tidak akan mempengaruhi program pembangunan kita tahun ini. Sebab ada jabatan sekretaris dinas yang bisa mengatur dan menjalankan program pembangunan yang ada di dinas tersebut,” tegasnya.

Alpian Maskoni menambahkan pejabat yang dilantik dan diberhentikan sudah melalui proses evaluasi oleh tim yang ada. Jadi pihaknya meyakini pejabat yang baru saja dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Kita akan terus evaluasi para pejabat kita. Jika dinilai tidak layak dan kinerjanya buruk maka akan kita rombak lagi. Hal ini merupakan hal biasa dalam pemerintahan,” katanya.

Terpisah, Kepala BKPSDM Kota Pagaralam Marendra Oka Wijaya mengatakan, pelantikan dilakukan pada beberapa jabatan kepala dinas dan kepala badan yang kosong dan ada yang sebelumnya dijabat oleh pelaksana tugas atau Plt.

“Saat ini ada sekitar enam OPD yang tidak memiliki kepala dinas atau masih kosong. Untuk sementara akan dijabat oleh Plt yang nanti akan ditunjuk oleh Walikota,” ujarnya.

Editor: Yuliani