iNFOTORIAL

Restorasi Sungai Sekanak-Lambidaro Dilanjutkan

Ground Breaking Sekanak-Lambidaro dihadiri langsung Walikota Palembang, H. Harnojoyo bersama BBWS Sumatra VIII. (Foto: Dok Kominfo Palembang)
Ground Breaking Sekanak-Lambidaro dihadiri langsung Walikota Palembang, H. Harnojoyo bersama BBWS Sumatra VIII. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

| Palembang - Setelah sempat terhenti, Walikota Palembang, H. Harnojoyo kembali proyek restorasi Sekanak-Lambidaro yang masuk dalam salah satu program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sampai dengan 2023.

Melalui Ground Breaking bersama Balai Besar Wilayah Sungai VIII Kementerian PUPR, pembangunan restorasi dilakukan terhadap sungai sepnajang 500 meter dari Perumnas 26 Ilir hingga Palembang Indah Mall (PIM). 

Ground Breaking restorasi Sekanak-Lambidaro 2021Ground Breaking restorasi Sekanak-Lambidaro 2021. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

H. Harnojoyo meninjau persiapan pembangunan lanjutan restorasi sungai Sekanak - Lambidaro.H. Harnojoyo meninjau persiapan pembangunan lanjutan restorasi sungai Sekanak - Lambidaro. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

"Saat ini proyek restorasi sungai ini telah rampung sekitar sepanjang 500 meter yang dimulai dari muara Sungai, tepatnya disamping Kantor Walikota Palembang hingga ke Jembatan Karang. Hari ini kembali kita lanjutkan," ungkap Harnojoyo disela-sela Ground Breaking Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro di Halaman Kantor Perum Perumnas 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil, Rabu (5/5/2021).


Persiapan Ground Breaking restorasi Sekanak-Lambidaro 2021. (Foto: Dok Kominfo Palembang)Persiapan Ground Breaking Sekanak - Lambidaro oleh Walikota Palembang, H. Harnojoyo. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

Walikolta Palembang H. Harnojoyo melihat foto desain restorasi restorasi Sekanak-Lambidaro. (Foto: Dok Kominfo Palembang)Walikota Palembang H. Harnojoyo melihat foto desain restorasi restorasi Sekanak-Lambidaro. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

Politisi Partai Demokrat ini menuturkan, restorasi Sekanak-Lambidaro adalah upaya Pemkot Palembang dalam memperbaiki fungsi sungai yang ada di kota tertua di Indonesia ini.

Dimana sungai ini nantinya akan difungsikan sebagai pengendali banjir dan destinasi wisata  bagi warga Palembang. 

"Kita ingin mengembalikan kejayaan Sriwijaya melalui sungai yang ada di Palembang. Dengan dipercariknya sungai ini nantinya, saya berharap dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui pariwisatanya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatra VIII Birendrajana mengatakan, tidak hanya sungai sekanak dan lambidari, pengerjaan yang bakal dilakukan oleh pihak BBWS meliputi muara dan hulu sungai sepanjang 800 meter. 

Restorasi Sekanak-Lambidaro. (Foto: Dok Kominfo Palembang)Restorasi Sekanak-Lambidaro. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

"Dari total panjang anak-anak sungai di Palembang 11 kilometer, pengerjaan awal akan dilakukan tahun ini baru 800 meter di sisi Sungai Sekanak, dengan menghabiskan dana Rp38 miliar, " katanya.

Pengerjaan yang dilanjutkan meliputi pengerukkan sedimentasi sungai dan penguatan dinding, serta landscape yang mengacu pada konsep Venesia dari Timur. 

"Yang pasti fungsinya nanti bukan hanya sebagai pengendali banjir tapi juga destinasi wisata. Sedimen (pengendapan) terjadi karena sampah dan limbah cair,  ini wajar karena sungai ini ada di tengah kota dan pemukiman padat," katanya. Palembang EMAS Darussalam

Tonton video menarik di bawah ini:

Editor: Raden Mohd Solehin