SUMSEL RAYA

Malam Takbiran Kapasitas Masjid Hanya 10 Persen

Ilustrasi takbiran di masjid. (Net)
Ilustrasi takbiran di masjid. (Net)

infosumsel.ID | Palembang - Kanwil Kementerian Agama Palembang mengizinkan kegiatan malam takbiran selama dilakukan di dalam masjid dengan memperhatikan jumlah kapasitas Masjid. 

Kepala Kanwil Kemenag Palembang Deni Priansyah mengatakan, menyambut Idul Fitri 1442 perayaan agama tahunan masih bisa dilakukan di semua masjid/mushola dengan berbagai pembatasan. Hal ini tertuang dalam surat edaran bersama yang baru saja diterbitkan Kemenag dan Pemkot Palembang. 

"Malam takbiran bisa dilakukan secara terbatas maksimal 10 persen dari kapasitas masjid/mushala dengan memperhatikan prokes, " kata Deni, Sabtu (8/5/2021). 

Namun, malam takbiran yang dilakukan di luar masjid atau berkeliling ditiadakan untuk mengantisipasi keramaian. 

"Takbiran hanya disarankan dilakukan di dalam masjid/mushola atau secara virtual. Takbir keliling ditiadakan, " tegas dia. 


Kemenag dan Pemerintah Kota mengimbau pengurus masjid dan panitia salat Ied berkoordinasi dengan Posko PPKM mikro di tingkat Kelurahan untuk mengetahui informasi status zonasi apakah Hijau, Kuning, Oranye, Merah. 

"Agar berjalan dengan baik aman dan terkendali panitia salat Ied pastikan dulu zona risiko Covid-19 di wilayahnya. Dan siapkan tenaga pengawas, agar prokes dapat diawasi, " tegasnya.

Editor: Yuliani