SUMSEL RAYA

Ulat Bulu Serang Rumah Warga

Ilustrasi ulat bulu. (Foto: Net)
Ilustrasi ulat bulu. (Foto: Net)

| Pagaralam -Warga di Perumahan Griya Bangun Sejahtera (GBS) Kelurahan Bangun Rejo Kota Pagaralam kini resah. Pasalnya baru-baru ini sejumlah rumah kini diserang hama ulat bulu.

Padahal sebelumnya hama ini tidak terlalu banyak, namun kali ini ulat yang bisa menyebabkan gatal-gatal ini sudah mulai memenuhi dinding rumah di kawasan tersebut.

Kondisi ini membuat warga takut keluar rumah karena banyak ulat tersebut di semua bagian dinding luar rumah. Tidak hanya itu, warga juga sudah tidak berani menjemur pakaian diluar rumah sebab warga khawatir pakaian mereka juga akan dihinggapi oleh ulat tersebut.

Selain memenuhi dinding, ulat tersebut mulai memenuhi badan jalan di kawasan tersebut. Akibatnya warga mulai resah karena harus berhati-hati saat keluar rumah. Belum lagi warga terpaksa harus menutup semua jendela dan ventilasi rumah agar ulat tidak masuk kedalam rumah. 

Salah satu warga, Doni (30) mengatakan, hama ini sudah sangat mengkhawatirkan dan sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Pasalnya di satu rumah saja bisa ada ribuan ulat bulu yang menempel di dinding luar rumah.


"Ini sudah sangat mengkhawatirkan, karena jumlahnya terus saja bertambah setiap hari. Bahkan bisa puluhan ribu ulat yang menempel didinding rumah warga disini," katanya.

Keberadaan Ulat Bulu ini selalu saja terjadi setiap tahun. Warga tidak tahu pasti darimana asal ulat tersebut

"Ini jumlahnya sudah tidak normal lagi. Kita tidak tahu darimana datangnya karena jumlah terus saja bertambah," ujarnya.

Meskipun sudah menjadi siklus tahunan, namun sampai saat ini belum ada tindakan dari Pemkot Pagaralam untuk menghentikan siklus ini. Bahkan sampai saat ini pihak terkait belum pernah sekalipun mengecek kondisi ulat bulu di lokasi.

"Jangankan untuk membasmi ulat ini, datang pun belum pernah. Jadi untuk mengurangi keberadaannya di dinding rumah kami melakukan sendiri tanpa ada petunjuk dan bantuan pemerintah," terangnya.

Editor: Yuliani