SUMSEL RAYA

Tak Ada CPNS Dari OKU Selatan

Ilustrasi pelaksanaan tes CPNS. (Foto: Rachmad)
Ilustrasi pelaksanaan tes CPNS. (Foto: Rachmad)

| OKU Selatan - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan menjadi satu-satunya daerah di Sumsel yang tidak mengirimkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang pendaftarannya mulai dibuka Juni 2021.

Kepala BKN Regional VII Palembang Margi Prayitno, mengatakan, alasan OKU Selatan tidak mengajukan formasi CPNS 2021 dikarenakan Kabupaten tersebut mengalami masalah anggaran. Sehingga tahun ini mereka hanya mengajukan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) bagi tenaga pendidik atau guru.

"Dari total kuota keseluruhan yang diajukan di Sumsel, hanya OKU Selatan yang tidak mengajukan formasi CPNS. Informasi yang kami terima Kabupaten tersebut terhalang anggaran," ungkap Margi ketika dikonfirmasi, Jumat (21/5/2021). 

Dia menjelaskan, sistem kuota CPNS tahun ini tetap sesuai arahan Kemenpan-RB. Alurnya tetap dimulai dari lowongan yang dibuka lalu usulan diajukan Pemda. 

"Sistem kuota ini alurnya tetap sesuai arahan Menpan RB. Jadi Menpan RB membuka lowongan, lalu formasi diusulkan masing-masing instansi. Baru kami mengusulkan ke pusat dan disetujui," terang dia. 
 
Pendaftaran CPNS akan berlangsung mulai awal bulan Mei sampai Juni. Formasi awal, pembukaan formasi untuk Kemenkum HAM. Selanjutnya baru instansi lain sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Pengecekan bisa diakses nelalui laman resmi SSKBN dan Kemenkumham. 


Margi memprediksi, peminat pendaftaran CPNS 2021 bakal lebih banyak ketimbang periode sebelumnya. Sebab antusias masyarakat ingin menjadi ASN kian meningkat. Apalagi sekarang jaminan hidup sebagai ASN makin diperhatikan pemerintah.

"Karena antusias masyarakat tinggi, pendaftar CPNS tahun ini bisa lebih tinggi dibanding tahun 2019. Sebagai rinciannya, untuk Sumsel formasi yang diajukan 2.404 kuota, Jambi 1.164, Babel 1.093 dan Bengkulu 796 formasi. Jadi total ada 5.457 formasi CPNS di wilayah kerja kita," jelasnya. 

Editor: Yuliani