SUMSEL RAYA

Lahan Tidur di Pinggir Tol Palindra Terbakar

Petugas gabungan terlibat pemadaman lahan terbakar di dekat tol Palembang-Indralaya (Palindra) di daerah Ogan Ilir, Sumsel (Foto: Dok. BPBD Sumsel)
Petugas gabungan terlibat pemadaman lahan terbakar di dekat tol Palembang-Indralaya (Palindra) di daerah Ogan Ilir, Sumsel (Foto: Dok. BPBD Sumsel)

| Ogan Ilir -Kebakaran lahan terjadi di Pemulutan Barat, Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan (Sumsel). Lahan yang terbakar itu berada lahan kosong milik masyarakat yang tidak dikelola, berada di pinggir jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra).

Kabid Penanganan Kedaruratan Informasi BPBD Sumsel, Ansori, mengatakan lahan terbakar sejak tadi malam sekitar pukul 18.00 WIB terjadi kurun waktu 5 jam. Lokasinya tepat di Desa Sribanding, Kecamatan Pemulutan Barat, Ogan Ilir atau di tepi Tol Palembang-Indralaya (Palindra).

“Kebakaran semalam sekitar 5 jam ada di satu hamparan lahan kosong. Lahan ini merupakan rawa kering yang tidak dikelola, masih kosong, lahan tidur,” ujar Ansori, Kamis (27/5/2021).

Proses pemadaman sendiri, kata Ansori, berlangsung kurun waktu lima jam dengan menurunkan tim gabungan dari Manggala Agni, BPBD, TNI dan Polri.

“Pemadam 5 jaman, melibatkan tim gabungand dari Manggala Agni, BPBD, TNI dan Polri,” katanya.


Lahan itu, kata dia, berada persis dekat jalan tol Palindra yang merupakan milik warga yang tidak dikelola. Setiap tahun memang kerap dilalap si jago merah.

“Untuk lokasinya sendiri itu dekat jalan tol Palindra KM 15. Lahan itu memang milik warga tapi tidak dikelola, jadi setiap tahun pasti terbakar, tidak ada yang jaga. Pukul 23.15 WIB api padam total,” ungkapnya.

Editor: Yuliani