SUMSEL RAYA

Karang Taruna Harus Menjadi Organisasi Solutif

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat mengkukuhkan karang taruna. (foto : Rachmad)
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat mengkukuhkan karang taruna. (foto : Rachmad)

| Palembang - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melantik sekaligus mengukuhkan pengurus Karang Taruna Sumsel periode 2020-2025, di Griya Agung. Diketahui, ada 137 orang pengurus yang hari resmi dikukuhkan. 

Karang Taruna Sumsel sebagai organisasi kepemudaan yang anggotanya memiliki kapasitas intelektual berbeda, Deru mengharapkan Karang Taruna harus menjadi organisasi solutif. 

"Karena intelektualnya menjadi sorotan publik. Karang Taruna harus menjadi organisasi solutif, dan berkontribusi terhadap pembangunan negeri khususnya Sumsel," ucap Deru, Sabtu (29/5/2021). 

Deru mengingatkan usai dilantik, pengurus baru ini harus menginventarisir permasalahan skala internal sebelum menjalankan rencana program kerjanya. 

"Menjadi anggota karang taruna itu sebuah kebanggaan apalagi dikampung - kampung. Sebelum menjalankan program kerja selanjutnya, pertama inventaris dulu skala internal," katanya. 


Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto mengatakan sejak pertama didirikan, karang taruna didedikasikan untuk mengakomodir kalangan pemuda menjadi lebih bermanfaat. 

"Program kerja Karang Taruna jadi kesempatan pemuda untuk menuangkan kreativitasnya. Semoga apa yang dituangkan oleh pemuda ini tetap seiring sejalan dengan pembangunan daerah, " ungkap dia. 

Sementara itu, Yudha Novanza Utama mengatakan, salah satu program kerja prioritas yaitu yang akan dijalankan yaitu turut serta membantu pemerintah mengatasi Covid-19. 

"Kita bakal membantu sosialisasi prokes ke masyarakat. Dan sukseskan program vaksinasi," ujarnya. 

Yudha menambahkan, pada masa kepemimpinannya ini keanggotaan Karang Taruna Sumsel akan lebih terorganisir sebagaimana yang disampaikan Gubernur. Sebab, urusan keanggotaan sudah menjadi hal prioritas. 

"Kita akan bekerjasama dengan stakeholder terkait misalnya pihak Perbankan. Kita carikan mereka nasabah, kerjasamanya dalam bentuk pembuatan KTA atau kerjasama lainnya," pungkasnya. 

Editor: Beni Martha Daya