SUMSEL 24

43 Kasus Berhasil Diungkap Dalam 1 Bulan

Mapolrestbes Palembang saat menggelar rilis kasus 1 bulan. (Foto: Iwan)
Mapolrestbes Palembang saat menggelar rilis kasus 1 bulan. (Foto: Iwan)

infosumsel.ID | Palembang- Dalam kurun waktu satu bulan terakhir jajaran Polrestabes Palembang berhasil mengungkap Kasus sebanyak 43 kasus dan berhasil mengamankan sebanyak 59 orang pelaku.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satya Putra, mengatakan, 43 kasus yang berhasil diungkap terdiri dari Curat 12 kasus, Curas 8 kasus, KDRT 1 kasus, Penganiayaan 4 kasus, Cabul 2 kasus, Penggelapan 6 kasus, Persetubuhan 4 kasus, Eksploitasi Anak 1 kasus, Anirat Penyiraman Air Keras 2 kasus, Pengeroyokan 2 kasus, Pembunuhan 1 kasus.

"Dari 42 kasus yang berhasil diungkap, anggota kita berhasil mengamankan 59 orang, ada 49 orang dewasa dan 10 orang anak-anak ," ujar Irvan di aula Mapolrestabes Palembang, Selasa (1/6/2021).

Untuk modus operasi, ada 12 modus pencurian dengan cara merusak pintu dan memanjat pagar, 8 modus dengan menodong atau merampas. Sedangkan modus memukul, menusuk, menyiram ada 10 modus, modus membujuk rayu dan mengancam ada 12 modus, sedangkan menjual atau menawarkan ada 1 modus.

"Untuk motif kejahatan setelah dilakukan pemeriksaan, para pelaku ini rata rata lantaran kebutuhan ekonomi sebanyak 30 kasus, dendam 9 kasus, miras dan narkoba ada 5 kasus," jelas Irvan.


Di tempat yang sama, Kasat Reskrim Polrestabes Palembang Kompol Tri Wahyudi mengatakan Satreskrim akan terus melakukan ungkap kasus yang ada di Palembang.

"Kejadian yang menonjol ataupun viral di masyarakat, serta meningkatkan patroli dan pengamanan di tempat tempat rawan tindak kejahatan," ujar Tri.

Kemudian, dari 59 tersangka diamankan ada 10 anak dibawah umur. 

"Kita proses dan barang bukti sudah diamankan, ke depan kita akan terus menjaga keamanan dan ungkap kasus yang terjadi di wilayah hukum Polrestabes Palembang," tuturnya.

Lanjutnya, untuk kejahatan yang menonjol sendiri tetap pada 3 C, (Curat, Curas, Curanmor).

"Untuk daerah daerah rawan kita sudah menyebarkan anggota di tempat tempat keramaian misalnya parkiran maupun tempat perbelanjaan," tutupnya.


Video Terkait:
VIDEO: Penyelundupan Benih Lobster Rp14 Miliar Berhasil Digagalke
Editor: Yuliani