SUMSEL RAYA

BBPJN Pakai Aspal Karet Sepanjang 5,65 KM

Perbaikan Jalan Ahmad Yani oleh BBPJN V Sumsel. (foto : Rachmad)
Perbaikan Jalan Ahmad Yani oleh BBPJN V Sumsel. (foto : Rachmad)

| Palembang - Balai Besar Pelaksanaan Jalan (BBPJN) V Sumsel kebut perbaikan satu persatu ruas jalan nasional di dalam Kota Palembang sepanjang 9,5 kilometer.

Kepala BBPJN V Sumsel Syaiful Anwar mengatakan, sejauh ini sudah hampir 4,5 kilometer jalan yang mulai diperbaiki meliputi, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kolonel H Burlian, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Parameswara, Jalan H Abdul Rozak, Jl RE Martadinata, Jl Yos Sudarso, Jl Wahid Hasyim, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ki Merogan.

"Diluar skema KPBU, ruas jalan yang kontraknya ada di kami ada 6 ruas, sejauh ini tinggal 5 kilometer lagi yang belum diperbaiki. Anggaran yang digunakan Rp15 miliar untuk 9,5 kilometer dengan ketebalan jalan 4 sentimeter," kata Syaiful ketika meninjau lokasi perbaikan Jalan Ahmad Yani, Selasa (2/6/2021).

Untuk Jalan Ahmad Yani sendiri panjang perbaikan jalan sepanjang 1,54 kilometer. Syaiful juga menyebut untuk perbaikan jalan kota ini juga menggunakan aspal karet sepanjang 5,5 kilometer termasuk Jalan Ahmad Yani. Hal ini bertujuan untuk menjaga elastisitas jalan dan lebih kedap air

Adapun aspal karet digunakan pada lokasi
Jalan Kolonel H Burlian, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Parameswara, dan Jalan Jenderal Ahmad Yani


"4 kilometer aspal biasa sedangkan 5,65 kilometer lagi pakai aspal karet. Jalan Ahmad Yani sendiri menggunakan aspal. Kami mendapat pendampingan balitbang jalan, " jelas dia.

Lamanya waktu pelaksanaan perbaikan jalan yakni 330 hari kerja hal ini juga termasuk pengerjaan lantai Jembatan Ogan 3.

"Sampai tahun 2022 mendatang perbaikan terus kami lakukan. Setelah ruas jalan di seberang Ulu selesai baru perbaikan dialihkan ke ruas jalan di seberang Ilir, " pungkasnya.

Editor: Beni Martha Daya