SUMSEL RAYA

Difabel dan Bumil Diberi Loket Khusus Bayar Pajak

Pelayanan di loket khusus Samsat UPTB Wilayah IV Palembang. (Foto : Rahmad KR)
Pelayanan di loket khusus Samsat UPTB Wilayah IV Palembang. (Foto : Rahmad KR)

infosumsel.ID | Palembang - Samsat UPTB Bapenda Wilayah IV Palembang kini memiliki loket khusus yang ditujukan kepada pelayanan bagi penyandang difabel, lansia, dan ibu menyusui. 

Loket ini dipisahkan dari loket pelayanan bagi warga pada umumnya. Inovasi pelayanan pajak kendaraan saat ini telah diterapkan Samsat Palembang IV yang berlokasi di Komplek Ruko Basilica Jl Brigjen H Kasim Palembang. 

Layanan loket ini dinamai Sistem Pelayanan Disabilitas Tuli, Lansia, Ibu Hamil, dan Menyusui (SI PEMIKAT). SI PEMIKAT merupakan layanan loket pertama di Indonesia yang khusus melayani difabel dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan. 

Kepala UPTB Samsat Palembang IV, Derga Karenza, mengatakan, loket khusus ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan bagi WP difabel tuli, Lansia, Ibu Hamil dan Menyusui yang selayaknya mendapatkan perlakukan khusus.

"Pelayanan bagi penyandang difabel tuli dan lansia selama ini sama dengan yang masih muda dan sehat, dengan adanya loket khusus ini mereka tidak perlu antre bisa langsung dilayani," ungkap Derga, Jum'at (04/06/2021). 


Derga menerangkan, pelayanan pajak kendaraan untuk WP difabel dilakukan oleh beberapa petugas yang sebelumnya dilatih untuk memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa isyarat. 

"Ada lima personel yang disiapkan, masing-masing dari dua orang dari Bapenda, satu orang dari Polri, satu orang dari Jasa Raharja, satu orang dari Bank Sumsel," terang dia

Menurut Derga, layanan loket khusus ini merupakan yang pertama kali di Sumatera Selatan dan akan diterapkan di seluruh kantor layanan Samsat di Sumsel.

"Akan ada 29 loket khusus bagi difabel, lansia dan menyusui. Hal ini akan menyusul ketika petugas telah dilatih bahasa isyarat oleh Gerkatin, " katanya. 

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya mengatakan, peluncuran pelayanan SI PEMIKAT ini merupakan wujud komitmen Pemprov Sumsel dalam memberikan pelayanan yang menyasar ke seluruh lapisan masyarakat. 

"Ini merupakan wujud komitmen kita bahwa dalam memberikan pelayanan itu tidak boleh pandang buluh, semua berhak menerima pelayanan yang optimal," katanya. 

Ia pun berharap kedepannya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berkebutuhan khusus tidak hanya di UPTB Samsat Palembang IV saja, namun juga di berbagai tempat pelayanan yang ada di Sumsel. 

"Harapan saya pelayanan ini tidak hanya di Samsat saja, tetapi juga di pelayanan lain," jelasnya.

Editor: Yuliani