EKONOMI

Deru Targetkan Sumsel Jadi Provinsi Penyuplai Kebutuhan Pokok

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menjadi narasumber di Acara Live Program Newsline Metro TV dengan Topik Ketahanan Pangan dan Pemulihan Ekonomi Sumatera Selatan, Jumat (4/6/2021).(foto : Diskominfo)
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menjadi narasumber di Acara Live Program Newsline Metro TV dengan Topik Ketahanan Pangan dan Pemulihan Ekonomi Sumatera Selatan, Jumat (4/6/2021).(foto : Diskominfo)

I Palembang - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menargetkan akan menjadi Provinsi yang mensuplai kebutuhan pokok seperti Bawang Putih, Daging, Ayam dan Telur ke luar daerah.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menjadi narasumber di Acara Live Program Newsline Metro TV dengan Topik Ketahanan Pangan dan Pemulihan Ekonomi Sumatera Selatan, Jumat (4/6/2021).

Dikatakan Deru, Sektor Pertanian merupakan primadona pada saat ini yang mampu bertahan ditengah pandemi. Lanjutnya, Provinsi Sumsel telah mampu mensuplai  kebutuhan luar daerah seperti Beras dan Jagung. Dirinya, menargetkan agar dapat mensuplai kebutuhan pokok lainnya seperti Bawang Putih, Daging, Ayam dan Telur.

"Tentunya kami akan mengutamakan kepentingan daerah dahulu. Kita harap saat ini dan kedepannya surplusnya tidak hanya di jagung dan beras saja akan tetapi juga telur dan ayam," ucapnya.

Terkait food estate yang baru saja dilaunching, HD menyampaikan bahwa Pemprov Sumsel akan mencoba mencari inovasi terbaru terkait dengan cara pembibitan hingga proses panen dan pengolahannya.


HD juga meminta kepada Kementerian terkait untuk dapat merumuskan kebijakan terbaru agar kesejahteraan petani di Indonesia dapat terjamin, seperti mengalokasikan dana subsidi pupuk kesubsidi harga beli saja.

HD juga menegaskan bahwa Pemprov Sumsel tengah berupaya dalam menekan angka losis padi saat panen yang saat ini diangka 10%, "Dengan mengurangi angka losis maka hasil panen otomatis akan meningkat", tegas HD.

Diakhir segmen HD mengatakan akan mengambil kebijakan untuk mengangkat kembali 400 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang sebelumnya telah diangkat 1.000 PPL oleh HD. Tujuannya selain untuk mewujudkan Petani modern juga membantu memahami hal teknis hingga pemasarannya dan membantu mereka agar bankable.


Video Terkait:
Video : Ratu Dewa Siapkan Laskar Betaji Cukur Habis PS Muba
Editor: Beni Martha Daya