EKONOMI

Realisasi DD Sumsel 2021 Baru 14,75 Persen

Ilustrasi Dana Desa.(Foto : IST)
Ilustrasi Dana Desa.(Foto : IST)

| Palembang - Mendekati Semester I tahun 2021 Pemerintah Daerah di Provinsi Sumsel berhasil menyalurkan dana desa tanpa BLT DD senilai Rp397,2 miliar atau 14,75 persen dari total pagu Rp2,69 triliun.

Kepala Bidang PPA II DJPb Provinsi Sumsel, Siti Rosidah Sundari mengatakan, hampir semua Kabupaten/Kota tak ada yang merealisasikan penyaluran Dana desa (DD) tahap III. Hanya satu, yakni Kabupaten Empat Lawang yang telah melakukan realisasi hingga tahap II.

"Di tahap I semua Kabupaten sukses merealisasi penyaluran DD, namun ketika di tahap kedua hanya Empat Lawang yang merealisasikan dengan Rp5,06 miliar untuk 17 desa dari 147 desa di Kabupaten tersebut, " katanya Senin (7/6/2021).

Di sisi yang lain, BLT Dana Desa di lingkup Sumatera Selatan telah tersalurkan sebesar 76, 89 miliar. Kab. Empat Lawang adalah satu-satunya Kabupaten yang telah menyalurkan blt dana desa hingga bulan kelima. "Namun diantara Kabupaten penerima pagu BLT dana yang di Sumatera Selatan, untuk Kabupaten OKU Selatan belum terjadi realisasi BLT dana desa, padahal BLT dana desa tersebut akan sangat membantu kebutuhan masyarakat di desa di kala pandemi", tambahnya dalam penjelasan.

Dia menjelaskan, sesuai aturan DD yang berlaku, target Penyaluran dibagi per tahap, di bagi atas 3 tahap yaitu Tahap I (40%), Tahap II (40%) dan Tahap III (20%). Dalam komponen penyaluran ada porsi untuk earmark penanganan Covid sebesar 8%).


"Porsi earmark untuk penanganan Covid-19 sudah dicairkan masing-masing Kabupaten Kota dengan total nilai Rp201, 68 miliar dan ada 101 desa yang belum tersalurkan, " katanya.

Dia menjelaskan, banyaknya desa yang belum terealisasi DD-nya karena setiap desa harus mempersiapkan sejumlah syarat tiap tahap penyaluran. Setiap tahapnya ada desa yang belum berhasil mendapat realisasi, total ada sekitar 2.000 an desa yang belum merealisasikan DD.

"Desa yang bersangkutan masih  mempersiapkan syarat-syarat penyaluran tiap tahap, itu penyebab masih banyak yang belum terealisasi, " jelas dia.

Ia mengimbau agar Pemerintah Desa dan OPD terkait mempercepat pemenuhan persyaratan penyaluran DD untuk tahap II dan III.

"Pemerintah Desa dan OPD terkait diimbau agar segera mempercepat realisasi DD serta mempercepat permintaan penyaluran BLT Dana Desa untuk dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat, " pungkasnya.


Video Terkait:
VIDEO: Bapak dan Anak Kompak Tilep Dana Desa
Editor: Beni Martha Daya