OLAHRAGA

Kualifikasi Piala Dunia

Indonesia Babak Belur Dihajar Vietnam

Laga lanjutan grup G kualifikasi piala dunia 2022 yang mempertemukan Indonesia VS Vietnam
Laga lanjutan grup G kualifikasi piala dunia 2022 yang mempertemukan Indonesia VS Vietnam

infosumsel.ID | Jakarta - Timnas Indonesia harus babak belur dari Vietnam akibat kalah telak 0-4 dari Vietnam dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (8/6) dini hari WIB.

Skuad asuhan Shin Tae Yong sudah dalam tekanan sejak meniup peluit tanda dimulainya babak pertama. Dua peluang emas didapat Vietnam di 15 menit awal tetapi belum mampu membobol gawang Nadeo Argawinata.

Vietnam terus mendominasi hingga pertengahan babak pertama. Dominasi Vietnam coba diredam dengan permainan keras oleh Timnas Indonesia yang memasang kartu kuning untuk Arif Satria dan Rachmat Irianto.

Vietnam mendapatkan beberapa peluang lain, termasuk dari Phan Van Duc yang masih bisa dihalau Nadeo. Setelah itu, tidak ada gol yang mampu diciptakan kedua tim dan skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, Vietnam nyaris membuka keunggulan andai tendangan spekulasi Luong Xuan Truong tidak mengenai mistar gawang Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia langsung merespons tekanan yang diberikan Vietnam. Egy Maulana Vikri yang baru masuk di babak kedua mendapatkan peluang tetapi tendangannya masih belum menemui sasaran.

Vietnam kembali menciptakan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-51. Kali ini, Nguyen Tien Linh bisa membobol gawang Nadeo melalui tembakan yang mengarah ke pojok kanan gawang.

Vietnam semakin di atas angin karena mampu menggandakan keunggulan jadi 2-0 pada menit ke-61. Nguyen Quang Hai melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang bersarang ke pojok kiri gawang Timnas Indonesia.

Lima menit berselang, skuad asuhan Park Hang Seo berhasil memperbesar skor jadi 3-0. Sepak pojok Xuan Truong mampu diarahkan Tien Linh ke tiang dekat yang disontek Nguyen Cong Phuong untuk membobol gawang Nadeo.

Timnas Indonesia punya peluang untuk memperkecil kedudukan pada menit ke-71. Egy melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang masih menerpa mistar gawang Vietnam.

Timnas Indonesia semakin terbenam pada menit ke-75. Vietnam berhasil memperbesar keunggulan menjadi 4-0 lewat tembakan melengkung Vu Van Thanh yang naik membantu serangan.

Di sisa pertandingan, Vietnam fokus pada penguasaan bola, sedangkan Timnas Indonesia masih kesulitan untuk membobol gawang Vietnam. Situasi itu tidak berubah hingga wasit peluit panjang dan Vietnam pelaksanaan laga ini dengan skor telak 4-0 atas Indonesia.

Editor: Yuliani