SUMSEL 24

Usai Gelapkan Motor, Residivis Buron Setahun

Residivis kasus pencurian di Palembang, Ramli (22), saat diamankan Jatanras Polda Sumsel. (Foto: ist)
Residivis kasus pencurian di Palembang, Ramli (22), saat diamankan Jatanras Polda Sumsel. (Foto: ist)

| Palembang -Seorang residivis kasus pencurian di Palembang, Sumatera Selatan bernama Ramli (22), kembali ditangkap polisi. Ia ditangkap usai menjadi buronan polisi satu tahun lamanya usai menggelapkan motor milik temannya sendiri.

Kasubdit Jatanras Polda Sumsel, Kompol Christoper Panjaitan membenarkan bahwa pihaknya menangkap tersangka yang merupakan residivis tersebut.

“Anggota kita menangkap pelaku ini saat sedang mancing. Dalam aksinya residivis kasus pencurian ini telah menggelapkan motor temannya sendiri,” katanya, Senin (7/6/2021).

Kanit IV Jatanras, AKP Nanang Supriatna mengatakan dalam aksinya warga Plaju Palembang pada Selasa (24/3/2020) lalu nekat menggelapkan sepeda motor temannya sendiri.

“Setelah berpindah-pindah selama satu tahun untuk menghindari kejaran petugas. Pelaku kita tangkap tak jauh dari kediamannya ketika sedang memancing ikan,” kata Nanangnsaat ditemui sejumlah awak media di Polda Sumsel.


Menurutnya, sebelum akhirnya ditangkap pelaku sempat kabur ke kawasan Kabupaten Muara Enim.

“Ketika mendapatkan informasi pelaku kembali pulang ke Palembang kita langsung melakukan penangkapan,” katanya.

Korban sendiri, kata dia, merupakan teman pelaku. Dalam aksinya, pelaku ini berpura-pura meminjam motor untuk membeli makan.

“Karena korban mengenal pelaku sudah sejak lama, korban pun meminjamkan motor miliknya. Namun setelah ditunggu-tunggu, nyatanya pelaku ini tak kunjung kembali,” katanya.

Akibat kejadian itu, korban melapor ke Polda Sumsel. Dari laporan tersebut, polis kemudian melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku.

“Dari pengakuan pelaku, motor korban dijual ke seseorang yang tak lain teman korban juga. Daru penjualan itu pelaku mengaku dapat uang Rp1,5 juta,” ungkapnya.

Bahkan, sambungnya, pelaku bukan pertama kalinya melakukan aksi pencurian. Dimana pada tahun 2018 silam, pelaku pernah ditahan di penjara kasus pembobolan.

“Tahun 2017 dia ditahan selama 1,5 tahun dalam kasus pencurian yakni pembobolan membobol minimarket,” tutupnya.


Video Terkait:
VIDEO: Penyelundupan Benih Lobster Rp14 Miliar Berhasil Digagalke
Editor: Yuliani