NASIONAL

Jokowi Bakal Bubarkan Lembaga Lagi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. (foto : IST)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. (foto : IST)

infosumsel.ID I Jakarta - Pemerintah kembali membuka kemungkinan untuk melakukan pembubaran lembaga sebagai bagian dari menciptakan birokrasi yang efisien.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo saat menjawab pertanyaan Anggota Komisi II DPR dalam rapat kerja di gedung parlemen, Selasa (8/6/2021).

Tjahjo mengakui ada daftar lembaga yang siap dibubarkan. Namun, pemerintah memutuskan untuk menunda pembubaran lantaran ada hal-hal teknis yang perlu dipahami.

"Memang ada yang kami batalkan kemarin, dicabut kembali karena berhubungan dengan lembaga donor. Badan itu bisa diintegrasikan ke kementerian, tapi karena berhubungan dengan negara donor, terpaksa dibatalkan," kata Tjahjo.

Tjahjo lantas mencontohkan ada satu kementerian yang memiliki tiga atau empat badan sekaligus di bawah koordinasinya. PANRB, kata dia, pun telah menyepakati dengan sang menteri terkait untuk menghapus badan tersebut.

"Tapi ternyata ada satu kalimat dalam ayat di Undang-Undang, harus persetujuan dengan DPR," katanya.

Maka dari itu, Tjahjo memastikan akan segera mengajukan daftar badan atau lembaga yang akan dibubarkan kepada dewan parlemen paling cepat pertengahan tahun atau paling lambat akhir tahun.

"Kami ajukan ke DPR usulan badan atau lembaga yang mungkin bisa dihapuskan tapi dibahas bersama dengan DPR. Karena ada kementerian yang badannya sampai tiga. Ini kementerian tapi diawasi tiga badan," katanya.

Editor: Beni Martha Daya