PENDIDIKAN

Kini Dana BOS Tak Sembarangan Cair

Kadisdik Palembang, Ahmad Zulinti. (Foto: ist)
Kadisdik Palembang, Ahmad Zulinti. (Foto: ist)

infosumsel.ID | Palembang - Sebanyak 500 sekolah tingkat SD-SMP Negeri dan swasta menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap I. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto, mengatakan, pencairan dilakukan tiga tahap dengan skema 30-40-30. 

"Angka pagu dana BOS sekolah negeri dan swasta mencapai Rp159 miliar. Setiap sekolah menerima BOS, perhitungannya untuk SD Rp900 per orang dikali jumlah siswa, untuk SMP Rp1,1 juta dikali jumlah siswa," tutur Zulinto, Kamis (10/6/2021). 

Ia menjelaskan, pada tahap I pihaknya melakukan review pencairan dana BOS dari Kejaksaan dan Inspektorat Kota Palembang. Review ditahap I difungsikan ini jika laporan benar, bagus terbukti dengan akuntabilitas maka akan bisa mencairkan dana selanjutnya.

"Tahun ini kita mencoba melihat bahwa hasil dari review yang diminta kejaksaan dan Pemerintah Kota Inspektorat. Tidak hanya review program yang dibuat bebas, tapi semua yang dilaksanakan diberi penilaian," katanya

"Jadi tak asal-asalan cair, jadi memang harus benar-benar laporannya atau administrasinya harus selesai dulu. Kalau tidak, tak ada kita cairkan," jelas dia.

Masih kata dia, Kepala Sekolah diimbau penggunaan dana BOS lebih dikhususkan ke operasional anak didik, dan keperluan sekolah. 

"Jangan diselewengkan, cukup digunakan untuk keperluan anak-anak didik. Mudah-mudahan dengan pencerahan memahami dan mengerti, jangan lagi membuat penggunaan semau apa yang dilakukan tanpa melihat azas kemanfaatannya," jelasnya.

Editor: Yuliani