EKONOMI

Kaum Milenial Harus Bangkitkan UMKM

Plh Sekda Sumsel, Akhmad Najib saat menghadiri FGD tingkat Komoditas Produk dan Jenis Usaha (KPU) Unggulan UMKM Provinsi Sumsel. (foto : Diskominfo)
Plh Sekda Sumsel, Akhmad Najib saat menghadiri FGD tingkat Komoditas Produk dan Jenis Usaha (KPU) Unggulan UMKM Provinsi Sumsel. (foto : Diskominfo)

infosumsel.ID I Palembang - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar Forum Group Discusing (FGD) tingkat Komoditas Produk dan Jenis Usaha (KPJU) Unggulan UMKM Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Sriwijaya bekerjasama dengan Bank Indonesia dibuka oleh Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Akhmad Najib, Kamis (10/6/2021) di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel.

Najib mengutarakan UMKM yang selama ini menjadi tulang punggung Perekonomian Nasional menjadi sektor yang paling terdampak, dimana pelaku UMKM saat ini mengalami penurunan penjualan yang signifikan, sulit memperoleh bahan baku serta distribusi menjadi terhambat.

"Akibat penurunan sektor ekonomi inilah Pemerintah menerapkan "New Normal" yang bertujuan untuk mendorong kembali roda perekonomian nasional" ujarnya.

Jelas Najib, dalam masa transisi menuju kenormalan baru atau New Normal, Pemprov Sumsel terus berupaya mengajak masyarakat Sumatera Selatan untuk tetap produktif dan mendorong pelaku UMKM dengan melibatkan generasi muda Milenial yang ada di Sumatera Selatan untuk lebih terampil, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk unggulan daerah serta masuk ke sektor-sektor ekonomi unggulan nasional  dengan memanfaatkan teknologi digital dan transaksi secara online

Najib berharap agar seluruh pihak terkait, mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga Kecamatan ikut membantu dan mendukung kelancaran Tim Peneliti Komoditas Produk dan Jenis Usaha Unggulan Provinsi Sumatera Selatan, sehingga dapat memberi rekomendasi yang tepat dalam membuat formula kebijakan dalam mengembangkan KPJU unggulan di daerah masing-masing.

Editor: Beni Martha Daya