POLITIK

Jokowi: Sabar... Sabar...

Presiden Joko Widodo meminta kepada relawan jokowi untuk sabar terkait arah dukungan pilpres 2024. (Foto : IST)
Presiden Joko Widodo meminta kepada relawan jokowi untuk sabar terkait arah dukungan pilpres 2024. (Foto : IST)

I Jakarta - Sejumlah relawan Presiden Jokowi terang-terangan bertanya ke Jokowi, ke mana dukungan akan diberikan di Pilpres 2024. Mendengar ini, Jokowi meminta kelompok relawannya tidak grusa-grusu. “Sabar-sabar,” pinta Jokowi.

Permintaan Jokowi itu disampaikan saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Seknas Jokowi, secara virtual, dari Istana Negara, Jakarta, Sabtu (12/6). Di acara itu, Jokowi tampil santai. Sesekali, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyunggingkan senyum, ketika merespons langkah para relawannya dalam beberapa pekan terakhir.

Jokowi mengaku diberondong banyak pertanyaan oleh para relawannya itu. "Di mana-mana, mereka bertanya kepada saya," ungkapnya.

Beberapa pertanyaan yang diingat Jokowi antara lain terkait arahannya dalam menghadapi Pilpres 2024. Kemudian, apa yang harus dilakukan. Bahkan, ada pertanyaan yang cukup menohok. "Masa kita diam saja, Pak?" ucap Jokowi, menirukan pertanyaan relawannya.

Jokowi pun meminta agar para relawannya tidak terburu-buru dalam menjatuhkan dukungan. "Sabar dulu, tidak usah tergesa-gesa," pesannya.


Jokowi mengakui, para relawannya, termasuk Seknas Jokowi, seksi. Sehingga digoda dan jadi rebutan para kandidat yang bertarung di Pilpres 2024. Sebab, para relawan itu sudah terbukti sukses menghantarkan dirinya menjadi presiden dua periode. "Bener nggak?" tanya Kepala Negara, sambil tersenyum.

Bahkan, sebut Jokowi, sudah ada relawannya yang dirangkul untuk mendukung calon tertentu. Namun, ia meyakini, masih ada relawan yang setia menunggu komandonya. "Masih lebih banyak lagi relawan yang masih menunggu," yakin Jokowi. "Jangan tergesa-gesa, ojo kesusu," pintanya.

Ia mengajak relawannya untuk mempelajari konstelasi politik dan peta politik terlebih dahulu. Jokowi meyakini, waktunya masih cukup. Sembari membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Nanti, pada saatnya, saya akan berbicara. Saya akan menyampaikan ke mana kapal besar relawan Jokowi ini akan kemudinya kita arahkan," janji mantan Wali Kota Solo tersebut.

Editor: Beni Martha Daya