LIFESTYLE

Ayu Banting Setir Usaha Ikan Hias

Ayu Karlina saat mengajar Bimbel dan membuka usaha ikan hias. (Foto: Rahmad KR)
Ayu Karlina saat mengajar Bimbel dan membuka usaha ikan hias. (Foto: Rahmad KR)

| Palembang -Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat, selain peningkatan jumlah masyarakat Miskin Baru (Misbar), dampak Pandemi Covid-19 juga berpengaruh bagi para pengusaha ikan hias. 

Salah satunya Ayu Karlina, pengusaha ikan hias Famfish Aquatic yang berlokasi di Jalan Letnan Murod, RT 39 RW 12 Ruko Biru, Nomor 4 dan 5, Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang.

Ayu diketahui sebelumnya sempat membuka usaha Bimbingan Belajar (Bimbel) Sigma Education sekaligus guru dalam Bimbel tersebut jauh sebelum pandemi Covid-19 merebak. 

"Bimbel sudah dibuka sejak awal tahun 2019 saat itu siswa Bimbel saya sudah mencapai 500 orang, " kata Ayu, Sabtu (19/6/2021). 

Namun, di balik dampak Pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi perekonomian, saat ini membuat para orang tua lebih memilih untuk tidak melanjutkan anaknya dalam mengikuti bimbingan belajar.


"Sampai akhirnya di akhir tahun 2019 masuk ke tahun 2020 ada Covid-19, mulai dari situ karena pertimbangan orang tua siswa mulai memilih setop bimbel. Tapi sebagian masih ada yang bimbel dengan metode online, seiring waktu karena kurang efektif dan semuanya terdampak pandemi, jadi semuanya mundur dari Bimbel. Dan tahun ini bimbelnya tutup, " tutur Ayu. 

Meskipun kegiatan Bimbingan Belajar saat ini terhenti, namun hal tersebut tidak membuat Ayu untuk menyerah. Kini ia kembali melanjutkan usaha ikan hias yang sudah ditekuni. 

Ayu menjelaskan, bahwa Famfish Aquatic memiliki berbagi jenis ikan yang sering kali diminati oleh para pencinta ikan hias, khususnya ikan jenis air tawar dengan harga yang bervariasi, mulai dari 50 ribu hingga jutaan rupiah. 

"Biasanya Ikan hias yang banyak dicari merupakan ikan-ikan predator, pembeli ikan hias ada 50 orang lebih per hari tetapi sekarang cuma kisaran 10 sampai 20 orang saja," jelas dia. 

Masih dikatakan Ayu, bahwa dirinya sering mendatangkan ikan dari luar wilayah, seperti Bogor, Depok dan wilayah lainnya.

 "Jenisnya juga bermacam-macam, seperti ikan mas koki, Chiiltklit, Tetra, Neon, Namirezi. Karena peternak yang ada di palembang sendiri belum ada pembudidayaan nya," ungkapnya.

Editor: Yuliani