SUMSEL RAYA

BBPJN Sumsel Dirikan Posko di Jembatan Musi IV

Kepala BBPJN Wilayah Sumsel memberi keterangan pers di lokasi Jembatan Musi IV, Senin (216). (foto : IST)
Kepala BBPJN Wilayah Sumsel memberi keterangan pers di lokasi Jembatan Musi IV, Senin (216). (foto : IST)

I Palembang - Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional ( BBPJN) Wilayah Sumatera Selatan akan membangun posko di atas jembatan musim IV. Hal tersebut dilakukan lantaran seringnya tindak pencuri kabel.

Hal ini dikatakan langsung Kepala BBPJN Wilayah Sumsel, Kgs Syaiful Anwar, saat meninjau Jembatan Musi IV, Senin (21/6/2021).

“Kebetulan ada lahan kami di bawah oprit Jembatan Musi IV bagian Ulu. Nah, rencananya akan kami bangun Posko Pengamanan di sana,” katanya

Ia menuturkan, untuk pembangunannya, pihaknya perlu melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian. Dalam hal ini, Polrestabes Palembang. Sehingga, ada personel yang bisa ditempatkan di pos tersebut.

“Sekaligus memantau kondisi lalu lintas maupun keamanan di sekitar lokasi jembatan,” katanya.


Menurut Syaiful, aksi pencurian bagian jembatan tidak hanya terjadi di Jembatan Musi IV. Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang juga kerap menjadi sasaran pencurian. Seperti bagian besi penahan trotoar serta beberapa bagian lainnya.

Kemudian Jembatan Musi II yang berada di Jalan Lintas Timur juga pernah jadi sasaran pencurian. BBPJN Wilayah V Sumsel sendiri telah melalukan pengawasan secara berkala setiap harinya.

“Ada petugas yang patroli untuk mengawasi kondisi jembatan setiap harinya. Tapi memang, pencuri kerap beraksi saat jam-jam rawan,” tuturnya.

Sebelumnya, ratusan meter kabel Sructural Health Monitoring System (SHMS) yang terpasang di bagian struktur jembatan dicuri oknum tidak bertanggung jawab.

Kerugian yang ditimbulkan dari aksi pencurian tersebut mencapai Rp200 juta. Sebab, butuh perlakuan khusus untuk mengaktifkan kembali sistem yang terpasang.

Kejadian pencurian kabel di jembatan Musi IV bukan kali pertama terjadi. Setidaknya sudah ada tiga kali kejadian pencurian kabel jembatan. Mulai dari kabel penangkal petir di awal peresmian jembatan, serta kabel SHMS yang sudah dua kali kecurian.

Editor: Beni Martha Daya