SUMSEL RAYA

Deru : Insan Pers Jaga Kehormatan Profesi

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) XLVII dan HUT Ke 75 PWI Tingkat Provinsi Sumsel. (foto : Diskominfo)
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) XLVII dan HUT Ke 75 PWI Tingkat Provinsi Sumsel. (foto : Diskominfo)

I Banyuasin - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru hadiri Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) XLVII dan HUT ke 75 PWI Tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Banyuasin, Kamis (24/6/2021).

Dalam sambutannya, Deru menyebutkan di era digital saat ini semua orang  bisa menjadi wartawan, produsen berita. Dengan berbagai fasilitas dan kemudahan yang di dapat masyarakat dapat menerima dan membuat informasi sehingga masyarakat menjadi  bingung dengan suatu tulisan apakah  produk wartawan atau bukan.

"Untuk itulah Uji Kompetensi Wartawan tetap  harus dilaksanakan agar ada tolak ukur dalam menentukan profesi wartawan. PWI juga harus  siapkan divisi hukum untuk membantu wartawan dalam melaksanakan tugas dan jika  ada masalah terkait UU ITE. Karena wartawan memiliki latar belakang yang berbeda baik dalam hal pendidikan, pribadi dan lain-lain." ujarnya.

Ditambahkannya, para wartawan juga harus mengedukasi masyarakat tentang apa yang telah diperbuat pemerintah dan ini merupakan tugas wartawan  sebagai penyampai informasi

"Mari kita pertajam  mengenai profesi wartawan dimana kita harus menjujung profesi yang ada kode etik yang  harus dipatuhi dan melakukan pekerjaan secara profesional" tutupnya.


Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar menyampaikan dalam HUT PWI kali ini, PWI Sumsel akan mengadakan Gerakan Desa Literasi Berbasis Jurnalis di  17 Kab/ko Se Sumsel.  Dengan tujuan menekan praktek Jurnalis yang tidak profesional, menekan timbulnya hoaks serta dapat mengangkat potensi Desa.

Bupati Banyuasin Askolani menyampaikan apresiasi kepada para wartawan yang menyempatkan hadir di Banyuasin sehingga Banyuasin dapat lebih dikenal masyarakat luas.

Editor: Beni Martha Daya