iNFOTORIAL

Menuju Penilaian Top 45

Harnojoyo Paparkan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021

Pemaparan, Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang. (Foto: Dok Kominfo Palembang)
Pemaparan, Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

| Palembang - Setelah masuk dalam penilaian menuju Top 5 terkait Inovasi Pelayanan Publik dalam Inovasi Sekolah Filial (Selfi), Walikota Palembang H. Harnojoyo juga merasa bersyukur atas Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang yang saat ini juga telah masuk pada Top 99 menuju penilaian Top 45.

"Itu juga kita persentasikan kepada tim Panelis dan mudah-mudahan akan berhasil," kata Harnojoyo usai Presentasi dan Wawancara Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, bersama Tim Penilai Panel Independen melalui Video Conference (Vidcon) di Rumah Dinas Walikota, Jalan Tasik Palembang, Jumat (2/7/2021).

Walikota Palembang H. Harnojoyo melakukan pemaparan, Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang. (Foto: Dok Kominfo Palembang)Walikota Palembang H. Harnojoyo melakukan pemaparan, Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

Sekda Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa mendampingi Walikota Palembang H. Harnojoyo melakukan pemaparan, Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang. (Foto: Dok Kominfo Palembang)Sekda Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa mendampingi Walikota Palembang H. Harnojoyo melakukan pemaparan, Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

Disampaikan Harnojoyo, dalam TPS 3R Inovasi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota Palembang yang dimiliki tersebut, juga terdapat kelebihan, salah satunya yaitu memilik ruang edukasi bagi masyarakat.


"Baik itu terkait dengan sosialisasi atau semacamnya untuk bagaimana mengelola sampah yang tadinya barang tidak berguna menjadi yang bermanfaat," ujarnya.

Pemaparan, Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang. (Foto: Dok Kominfo Palembang)Pemaparan, Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

Masih dikatakan Harnojoyo, bahwa Inovasi TPS 3R yang saat ini dimiliki juga telah dapat menghasilkan tenaga surya atau tenaga mesin pencacah.

"Dan bahan bakarnya itu bahkan melalui TPS itu sendiri," ucapnya.

Jajaran OPD Pemkot Palembang ikut mendampingi Pemaparan, Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang. (Foto: Dok Kominfo Palembang)Jajaran OPD Pemkot Palembang ikut mendampingi Pemaparan, Inovasi Pembangunan Instalasi TPS 3R di kota Palembang. (Foto: Dok Kominfo Palembang)

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, Alex Ferdinandus menjelaskan, bahwa Inovasi TPS 3 R tersebut sengaja dihadirkan guan memberdayakan masyarkat dalam pengelolaan sampah secara mandiri.

"Pemerintah itu pembinaannya saja, tetapi yang mengelolah itu masyarakat. Artinya ini untuk menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah itu sendiri," singkatnya. Palembang EMAS Darusallam

 

Saksikan video menarik dibawah ini:

Editor: Raden Mohd Solehin